Songsong 2024, KPU Kabupaten Malang Temui Ketua Legislatif

BACAMALANG.COM – Pelaksanaan Pilpres, Pileg dan Pilkada serentak masih dilangsungkan pada 2024 mendatang. Namun, KPU Kabupaten Malang telah memulai persiapan menyongsong pesta demokrasi tersebut.

Hari ini, komisioner KPU Kabupaten Malang bersua Ketua DPRD untuk membahas persiapan agenda politik 2024. Ada beberapa hal yang dibahas pada pertemuan itu.

“Ada beberapa hal yang disampaikan, masalah penganggaran Pilkada khususnya. Kita harus siap nanti mulai 2022, 2023, kita siapkan dana cadangan. Kemudian tentang kebutuhan KPU terkait gudang, memang selama ini sewa untuk keperluan logistik. KPU Kabupaten Malang juga berharap memiliki asset kantor tetap. Karena saat ini masih pinjam pakai Pemerintah Kabupaten Malang,” ucap Ketua DPRD Kabupaten Malang Darmadi, Kamis (14/10/2021).

Sementara Ketua KPU Kabupaten Malang, Anis Suhartini mengutarakan, audensi dengan Ketua Dewan kali ini merupakan bagian dari persiapan sesuai instruksi KPU Pusat.

“2024 itukan tidak sebentar ya. Ini terkait nanti kesiapan daerah, berapa yang harus dicadangkan untuk pemilihan 2024. Kami sudah diminta untuk membuat RKP, dan ini sudah kami sampaikan,” kata Anis.

Wanita berkacamata pun bilang, KPU terus melakukan persiapan termasuk diluar masalah anggaran dan sebagainya. Salah satu kegiatannya adalah memutakhirkan data pemilih serta melakukan sosialisasi agar tingkat partisipasi masyarakat meningkat.

“Dari sisi sosialisasi itu KPU ada program Peduli Pemilu dan Pemilihan. Kami melakukan sosialisasi ke daerah-daerah yang tingkat partisipasinya rendah. Diluar sosialisasi, kami melakukan pemutakhiran data pemilih yang berkelanjutan,” tutur Anis. (mid/red)