Songsong 2024, PAC di Kabupaten Malang Bentuk Struktur Baru

Suasana Musancab PDI Perjuangan di salah satu rumah makan di Kecamatan Turen (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menilai penyegaran struktur organisasi begitu krusial untuk dijalankan.

Re-organisasi dari tingkat paling bawah penting dilaksanakan partai berlambang banteng moncong putih. Setiap lima tahun, PDI Perjuangan memiliki agenda Musyawarah anak cabang atau Musancab.

Musancab dilaksanakan untuk membentuk kepengurusan anak cabang yang baru. Seperti yang digelar di delapan kecamatan di Kabupaten Malang.

Kedelapan kecamatan ini diantaranya, Turen, Poncokusumo, Tajinan, Wajak, Tumpang, Ampelgading, Tirtoyudo dan Dampit.

Musancab yang memiliki tujuan membentuk pengurus anak cabang periode 2021-2026 dihadiri langsung Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Eddy Paripurna dan anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim, Sugeng Pujianto.

“Musancab ini kan re-organisasi. Yang jelas dari kader yang memiliki jiwa kepemimpinan. Penjaringannya dari bawah, usulan dari ranting ke PAC, PAC ke DPC, kemudian diteruskan ke DPD,” kata Eddy Paripurna, Rabu (2/6/2021).

Eddy pun menyebutkan, Musancab ini untuk menyongsong agenda besar politik 2024. Yaitu Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif.

“Ini dalam rangka menyongsong agenda Pilpres dan Pileg 2024. Kami ingin meningkatkan suara partai kedepannya,” ucapnya.

Lebih lanjut, Eddy bilang, khusus di Kabupaten Malang, ada target yang harus direalisasikan. Target itu adalah meningkatkan perolehan kursi di legislatif.

“Sekarang kan 12 kursi, targetnya 17 kursi. Karena Kabupaten Malang ini memiliki modal tiga pilar, eksekutif, legislatif dan partai politik. PDIP harus bisa merespon paling tidak menindaklanjuti pembangunan di daerah. Terutama di kepengurusan ranting yang notabene berhadapan langsung dengan masyarakat, itu harus bisa bergerak mencari simpatisme masyarakat,” Eddy mengakhiri.
(mid/red)