Sosok Cak Hasan Abadi Dimata Ketua GP Ansor Kabupaten Malang

Sejumlah kalangan masyarakat nampak mengikuti shalat jenazah sebagai bentuk penghormatan terakhir terhadap almarhum Dr Hasan Abadi (ist)

BACAMALANG.COM – Cak Hasan, begitu Ketua Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Malang, Husnul Hakim akrab memanggil mendiang Dr Hasan Abadi.

Masih jelas membekas di ingatan Husnul, tentang bagaimana sosok Rektor Universitas Islam Raden Rahmat Malang itu berkontribusi membangun Nahdlatul Ulama di Kabupaten Malang. Menurut Husnul, Hasan Abadi memiliki peran penting dalam NU.

Pria yang menjabat Direktur Administrasi Perusahaan Umum Daerah Jasa Yasa pun tak segan bilang, Hasan Abadi adalah organisator sejati.

“Masifnya gerakan NU di Kabupaten Malang salah satunya adalah hasil dari buah tangan dingin Cak Hasan. Dia adalah sosok organisator sejati bagi saya,” ujar Husnul, Senin (8/3/2021).

Bagi kader NU Kabupaten Malang, sosok Hasan Abadi merupakan panutan. Pria ramah tersebut tidak pelit membagi ilmunya.

“Beliau salah satu orang yang kerap mengayomi kita sebagai kader-kadernya. Memberi arahan. Termasuk sepanjang saya menjadi Ketua Ansor Kabupaten Malang,” ucap Husnul.

Bukan hanya dalam keorganisasian, menurut Husnul, Hasan Abadi juga memiliki andil besar terhadap dunia pendidikan di Kabupaten Malang. UNIRA menjadi seperti saat ini tidak terlepas dari kerja keras Hasan Abadi.

“Termasuk berubahnya UNIRA dari STAI ke universitas juga merupakan hasil jerih payah dia sebagai Rektor,” Husnul mengakhiri.

Sebagai informasi, Hasan Abadi meninggal dunia sekitar pukul 03.00 WIB, Senin (8/3/2021). Hasan Abadi meninggal dunia setelah didiagnosa mengalami komplikasi penyakit. (mid/zuk)