Stasiun Baru Malang Sisi Timur Mulai Beroperasi, Simak Apa Saja Fasilitasnya

Foto: Suasana jembatan penghubung Stasiun Kota Malang Barat dan Timur, Senin (10/5/2021). (ned)

BACAMALANG.COM – Tidak sampai sepekan sebelum Lebaran, akhirnya Stasiun Malang Baru di sisi timur mulai beroperasi Senin (10/4/2021).

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengatakan, adanya gedung baru itu selain untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan kereta api, diharapkan dapat memecah jumlah penumpang yang ada di stasiun Kota Baru Malang di sisi barat.

“Stasiun sisi timur ini dapat menampung penumpang hingga 2.500 orang, namun saat ini sesuai prokes daya tampung kami sesuaikan 50 persen saja” ungkapnya.

Dengan demikian Luqman berharap, nantinya tidak ada lagi penumpukan-penumpukan penumpang khususnya di Stasiun Malang.

Luqman menerangkan bahwa stasiun baru di sisi timur ini akan dikhususkan bagi para penumpang kereta api jarak jauh, sedangkan di sisi barat fokus untuk kereta api lokal.

Jika sebelumnya para calon penumpang yang naik kendaraan lewat jalan Trunojoyo untuk ke stasiun sisi barat, maka akses ke sisi timur harus melalui jalan Panglima Sudirman.

Luqman mengaku fasilitas di Stasiun Baru sisi timur ini pada prinsipnya sama seperti stasiun lainnya, sesuai peraturan yang berlaku.

“Karena pembangunan baru, memang ada beberapa fasilitas penunjang yang sedikit berbeda,” terangnya.

Fasilitas tersebut seperti eskalator, ruang bermain anak, ruang tunggu penumpang dengan kursi yang dilengkapi charger ponsel hingga ruang VIP. Namun yang cukup mencuri perhatian adalah jembatan penyambung antara sisi timur dan sisi barat Stasiun Malang, yang memungkinkan calon penumpang melihat view dari atas rangkaian gerbong KA yang diparkir.

Luqman mengatakan, pengoperasian sisi timur Stasiun Malang ini untuk keberangkatan kereta api jarak jauh ini membuat pelayanan rapid test antigen dan GeNose Covid-19 di stasiun barat akan dipindahkan di Stasiun Malang yang baru.

“Suasana yang belum kondusif membuat kami belum launching, jadi hari ini masih uji coba dua relasi saja, yakni operasional KA Gajayana Malang-Gambir Jakarta dan KA Tawang Alun dari Malang dengan tujuan Ketapang Banyuwangi,” tandasnya.

Salah satu calon penumpang Aji Prasetyo mengaku cukup puas dengan pelayanan di stasiun baru pada hari pertama ini.

“Memang fasilitas pendukung seperti food court atau toko-toko oleh-olehnya masih belum selesai, tapi kalau pelayanan kepada penumpang sudah lancar dan baik,” ujar penumpang jurusan Banyuwangi ini. (ned)