Suara Letusan Dari Gudang Barang Bekas, Api Langsung Melalap Seisi Gudang

Petugas Damkar melakukan pembasahan di gudang barang bekas yang terbakar. (ist)

BACAMALANG.COM – Sebuah gudang barang bekas (rongsokan) di Jalan Karya Timur IV Kelurahan Purwantoro Kecamatan Blimbing Kota Malang, dilalap sijago merah pada Kamis (28/04/2022) dini hari. Akibatnya kebakaran tersebut, pemilik gudang mengalami kerugian hingga Rp 10 juta.

Kepala UPT Pemadam Kebakaran Kota Malang Teguh Budi Wibowo mengatakan, kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 02.00 WIB. Saat itu, Ahmad Yunus, pemilik gudang yang tinggal tak jauh dari lokasi gudang mendengar ada suara letusan.

“Saat itu suara letusan cukup keras sampai membangunkan pemilik gudang, namun pemilik gudang tidak mengetahui penyebab letusan tersebut. Saat itu juga langsung mencari sumber suara,” jelasnya.

Setelah diketahui sumber suara, ternyata api sudah melalap semua isi gudang tersebut. Karena panik, pemilik kemudian meminta tolong warga sekitar untuk memadamkan api, sekaligus melaporkan kejadian tersebut ke Polsekta Blimbing dan UPT PMK Kota Malang.

Tak lama kemudian, Petugas yang datang dengan dua armada damkar dan 10 personel pemadam kebakaran, langsung melakukan pembasahan. Beruntung tidak ada korban atas kejadian tersebut.

Kapolsekta Blimbing Kompol Yanuar Rizal Ardianto mengatakan, berdasarkan hasil olah TKP belum diketahui penyebab pasti atas kejadian tersebut. Karena tidak ada saksi mata yang mengetahui kejadian tersebut, sehingga penyebab pasti kejadian tersebut belum bisa diketahui.

“Hingga saat ini belum diketahui kepastian penyebab utama, terjadinya kebakaran tersebut. Beberapa dugaan sudah ada, tetapi kami masih terus melakukan pendalaman terhadap kebakaran ini,” terangnya.

Kapolsek Blimbing mengatakan, atas kejadian tersebut pihaknya juga langsung meyalurkan bantuan kepada pemilik gudang melalui Bhabinkamtibmas Kelurahan Purwantoro Kecamatan Blimbing. (him)