Survei Charta Politika Indonesia: Elektabilitas SANDI Diatas Dua Rival

Elektabilitas SANDI unggul atas dua pasangan calon lain dari hasil survei Charta Politika Indonesia (ist)

BACAMALANG.COM – Elektabilitas pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Malang nomor urut 1, HM Sanusi dan Didik Gatot Subroto alias SANDI ternyata masih jadi yang teratas.

SANDI unggul dari pasangan nomor urut 2, Lathifah Shohib dan Didik Budi Muljono alias LADUB, serta pasangan nomor urut 3, Heri Cahyono dan Gunadi Handoko.

Hal ini diketahui dari hasil survei preferensi politik masyarakat Kabupaten Malang yang dilakukan Lembaga Survei Charta Politika Indonesia.

Survei dilaksanakan pada periode 11 sampai 15 November melalui wawancara tatap muka dengan menggunakan kuisioner terstruktur. Ada 800 responden di 33 kecamatan yang mengikuti survei. Survei menggunakan metode acak bertingkat dengan margin of error kurang lebih 3,46 persen pada tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

Dari hasil survei, elektabilitas SANDI mencapai 44,5 persen. Kemudian disusul LADUB 35,4 persen dan Heri Cahyono sebesar 11 persen. Sedangkan 9,1 persen responden memilih tidak tahu atau tidak menjawab.

Segi kepopuleran, Sanusi dan Lathifah sama-sama meraup 80 persen.

Menanggapi hasil survei Charta Politika Indonesia, Tim Pemenangan SANDI, Abdul Holik menegaskan, elektabilitas tinggi yang diraih SANDI merupakan wujud soliditas dan kerja keras seluruh komponen.

“Patokan kami tetap pada hasil penghitungan suara nanti di KPU. Kalaupun hasil survei SANDI unggul, akan kami jadikan pelecut agar tim terus solid bekerja hingga tahapan Pilkada selesai,” kata pria yang akrab disapa Gus Holik, Senin (7/12/2020).

Terpisah, Juru Bicara LADUB, Anas Muttaqin, menanggapi dingin hasil survei itu. Menurutnya, hasil survei tersebut tidak berpengaruh pada LADUB.

“Ya gak apa-apa sih kalau memang ada survei yang keluar. Tinggal kita lihat saja tujuannya apa. Kami juga punya survei tersendiri kok,” ucap Anas. (mid/yog)