Tahan Laju PMK, Pemkab Malang Setuju Penggunaan DD

Wabup meninjau ternak yang mendapatkan vaksinasi di Pujon. (ist)

BACAMALANG.COM – Guna menahan laju Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada ternak, Pemerintahan Kabupaten Malang setuju untuk penggunaan Dana Desa (DD).

“Pemerintah Kabupaten Malang memutuskan bahwa Dana Desa akan dikeluarkan untuk memberikan support terhadap keberadaan peternak di wilayah Malang Barat Kecamatan Pujon, Kecamatan Ngantang, dan Kecamatan Kasembon dikarenakan jika menunggu dana dari Pemerintah Pusat pasti akan menunggu agak lama,” tegas Wakil Bupati Malang Drs. H. Didik Gatot Subroto, S.H, M.H, yang juga menjabat Kepala Satgas PMK Kabupaten Malang.

Untuk diketahui merespon adanya Penyakit Mulut dan Kuku pada ternak, vaksinasi di Kabupaten Malang dilakukan di Pujon baru-baru ini. “Kami menyampaikan ucapan terimakasih secara khusus kepada Dinas Peternakan Jatim dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang serta para dokter hewan yang terus berupaya memberikan bantuan,” tutur Didik.

Penyerahan Dosis Vaksin sekaligus peninjauan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku dilakukan di Koperasi SAE Pujon, Sabtu (18/6) siang.

Vaksinasi PMK ini menjadi vaksin yang pertama di Kabupaten Malang. Turut hadir pada acara tersebut diantaranya Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur Dr. Sri Untari Bisowarno, M.AP, Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur Ir. Indyah Aryani, MM, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang, Camat dan Muspika Pujon, Kepala Umum Koperasi SAE Pujon, Kepala Desa se-Kecamatan Pujon.

Sebanyak 300 dosis vaksin diberikan secara simbolis oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur kepada Wakil Bupati Malang untuk dapat memberikan fasilitas vaksinasi kepada sapi perah di wilayah Kecamatan Pujon. Wilayah Kecamatan Pujon menjadi vaksinasi pertama di Kabupaten Malang dikarenakan hampir semua penduduk di Kecamatan Pujon bermata pencaharian dari peternakan. (*/had)