Tahun Baru Imlek, Polres Malang Kerahkan Personel Amankan Tempat Ibadah

Polisi berjaga di tempat ibadah di tahun baru Imlek. (ist)

BACAMALANG.COM – Polres Malang mengamankan perayaan tahun baru Imlek di sejumlah tempat ibadah Vihara di Kabupaten Malang, Minggu (22/1/2023).

“Tujuh puluh enam (76) personel Polres Malang dikerahkan untuk pengamanan ibadah Imlek,” tegas Kasihumas Polres Malang IPTU Ahmad Taufik Syafiudin SH.

Dikatakan pihaknya berharap pengamanan menjadikan kegiatan ibadah Imlek berjalan dengan aman, nyaman dan tertib.

Pengamanan dilakukan di dua tempat ibadah yakni di Vihara Vajra Bumi Budhaloka, Kecamatan Wagir, dan Vihara Arga Pura, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang dimulai sejak pagi hari, diawali dengan sterilisasi sekitar tempat ibadah melibatkan Unit K-9 Satuan Samapta Polres Malang.

Hal ini dijalankan mengantisipasi adanya bahan peledak maupun bahan berbahaya lainnya. Mulai dari pintu masuk hingga di dalam lokasi sembahyang dan perayaan Imlek dilakukan penjagaan oleh personel Kepolisian.

Selain kepolisian, personel TNI dan pam swakarsa juga dilibatkan dalam pengamanan perayaan Imlek di lokasi.

Diungkapkannya, selain pengamanan di lokasi perayaan tahunan itu, pihaknya juga melakukan patroli di sekitar wilayah Kabupaten Malang melalui kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD).

Polisi juga melakukan pengaturan dan pengalihan arus lalu – lintas di sekitar Tempat Ibadah untuk mencegah kemacetan dan kelancaran perayaan Imlek.

“Mari bersama kita jaga kerukunan, wujudkan Kabupaten Malang aman dan kondusif,” tukasnya.

Sementara itu, pandita Vihara Vajra Bumi Budhaloka Wagir, Joko (41) memberikan apresiasi atas pengamanan yang dilakukan oleh petugas gabungan Polres Malang. Ia bersyukur ibadah berjalan dengan aman, nyaman, lancar serta semarak.

Joko berharap pada perayaan Imlek semua doa yang dipanjatkan dapat dikabulkan.

“Kegiatan lancar dan kondusif, terima kasih kepada seluruh petugas yang turut mengamankan. Semoga keberkahan dan kebaikan selalu menyertai kita semua,” pungkasnya. (*/had)