Tambah Stok di Masa Pandemi, BEM FKG dan Fapet UB Gelar Program Kemanusiaan Donor Darah

Donor Darah yang digelar Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kedokteran Gigi dan Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (UB) di gedung Samantha Krida, Rabu (16/3/2022). (ned)

BACAMALANG.COM – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kedokteran Gigi dan Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (UB) menggelar donor darah, Rabu (16/3/2022).

Acara yang bekerjasama Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Malang ini dihelat di gedung Samantha Krida UB dan diikuti sedikitnya 120 pendaftar.

“Namun tidak semua pendaftar bisa diambil darahnya,” ungkap Aura Alya dari BEM Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), saat ditemui di lokasi, Rabu (26/3/2022).

Aura mengatakan calon pendonor tersebut tidak lolos skrining karena faktor tensi (tekanan darah) yang terlalu tinggi atau rendah, maupun hemoglobin dan bobot badan yang tidak sesuai standar yamg direkomendasikan.

Meski demikian ia bersyukur karena kerja bareng dengan BEM Fakultas Peternakan (Fapet) ini dapat memfasilitasi para calon pendonor dari sivitas akademika UB maupun masyarakat umum yang akan mendonorkan darahnya.
Sementara Muhammad Reza Fahlevi dari BEM Fapet mengaku tidak mengalami kendala berarti saat menggelardonor darah yang pertama kali dengan menggandeng BEM FKG.

“Kami juga terbuka untuk bekerja sama dengan berbagai pihak untuk kegiatan-kegiatan lainnya,” tandasnya.

Wakil Dekan III FKG Drg. Miftakhul Cahyati, SpPMq menuturkan, pihaknya mencoba menginisiasi kegiatan donor darah ini karena tren yang cenderung menurun akibat pandemi maupun PPKM.

“Apalagi di sini kondisinya memungkinkan untuk diadakan donor darah dengan tetap mengedapankan prokes,” ujarnya.

Miftakhul Cahyati menambahkan, selain membantu PMI menambah stok darah, kegiatan kolaborasi dengan Fapet ini juga mendukung Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) lewat program kemanusiaan donor darah.

“Ke depan kami juga siap bekerja sama dengan fakultas-fakultas yang ada di UB untuk program-program lainnya,” pungkas dia. (ned)