Tanpa Potong Milik ASN, Bupati Sanusi Relakan Gaji untuk Covid-19

HM Sanusi (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Bupati Malang, HM Sanusi tidak akan mengeluarkan kebijakan khusus agar aparatur sipil negara atau ASN merelakan gajinya untuk penanganan Coronavirus disease 2019 atau Covid-19.

Hingga saat ini, kata Sanusi, tidak ada kebijakan pemotongan gaji ASN untuk penanganan Covid-19.

“Tidak ada potongan kecuali nyumbang. Beda ya. Kalau sukarela nyumbang itu kita terima, siapapun itu,” ujar Sanusi, Sabtu (4/4/2020).

Sanusi sendiri telah mengambil langkah dengan merelakan gaji pokoknya untuk penanganan Covid-19. Hal itu dia lakukan sebagai bentuk kepedulian.

Sanusi pun menyebutkan, dia akan merelakan gajinya hingga pandemi Covid-19 ini tuntas. “Iya, iya semua. Ya sampai selesai Covid-19 ini,” tuturnya.

Sebagai informasi, sebagai Bupati Malang, Sanusi menerima gaji pokok berkisar Rp 6,2 juta per bulannya. Gaji tersebut belum termasuk tujangan dan lain-lain.

Apa yang dilakukan Sanusi ini sebenarnya sudah didahului sejumlah kepala daerah lain. Sebut saja seperti Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan, Wakil Bupati Situbondo, Bupati dan Wakil Bupati Jombang, Bupati Lumajang. Mereka secara sukarela merelakan gajinya untuk penanganan Covid-19 ini. (mid/yog)