Teliti Sayuran Pakcoy di BUF

Kegiatan di BUF. (ist)

BACAMALANG.COM – Batu Urban Farming (BUF) selama ini kerapkali menjadi jujugan untuk akademisi dan mahasiswa melakukan penelitian tanaman hidroponik. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Islam Malang (Unisma), Prodi Agroteknologi, Fakultas Pertanian.

“Kami dari Universitas Islam Malang, Prodi Agroteknologi, Fakultas Pertanian melakukan penelitian di Batu Urban Farming selama kurang lebih 50 hari,” tegas mahasiswa Unisma, Achmad Syamsu Ducha, Selasa (11/1/2022).

Ia menjelaskan tujuan kegiatan adalah  penelitian skripsi atau tugas akhir. “Penelitian yang saya lakukan selama di Batu Urban Farming adalah penerapan sistem hidroponik NFT pada 2 varietas pakcoy. Penyetelan instalasi NFT itu dibedakan pada 4 tipe kemiringannya yaitu kemiringan 0 sebagai kontrol, kemiringan 2,5%, kemiringan 5%, dan kemiringan 7,5%. Hal tersebut akan berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan, khususnya pada kemampuan tanaman untuk menyerap nutrisi yang diberikan,” terangnya.

Ia menuturkan, banyak ilmu yang didapatkan dari M Nurkholis selaku pembimbing lapang di Batu Urban Farming. “Pak Kholis merupakan sosok yang humble terhadap semua orang dan fleksibel ketika diajak untuk sharing-sharing mengenai apapun terutama budidaya tanaman hidroponik,” imbuhnya.

Ia mengungkapkan, kegiatan ini bermanfaat selain menambah ilmu juga menjadi bekal untuk usaha. “Bermanfaat menambah ilmu tentang  bertani hidroponik dan mengolah hasil dari panen sayuran hidroponik sebagai bekal kegiatan kewirausahaan ke depannya,” pungkasnya. (had)