Terduga Pelaku Pencurian di Wisata Pemandian Umbulan Dampit Diciduk

Ilustrasi pelaku pencurian HP. (ist)

BACAMALANG.COM – Unit Reskrim Polsek Dampit mengamankan WPS (17) terduga pelaku pencurian di tempat wisata Pemandian Umbulan, Desa Pamotan, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, baru-baru ini. Sementara 2 pelaku lainnya masih diburu polisi.

“Penangkapan terhadap pelaku dilakukan Jumat tanggal 23 September 2022, sekira pukul 16.00 WIB. Salah satu pelaku berhasil diamankan 6 jam setelah ia melancarkan aksinya pada pukul 10.00 WIB di hari yang sama. Sedangkan pelaku F (19), dan S (18) masih dalam pencarian,” tandas Kapolsek Dampit IPTU Agung Hartawan .

Kronologi pencurian diterangkan oleh tersangka kepada petugas, ketika ia hendak membeli minuman di salah satu pedagang di tempat wisata. Ia melancarkan aksinya bersama kedua temannya saat korban masuk ke dalam warung untuk membuat pesanannya.

Tak berpikir panjang, ketiga pemuda tersebut mengambil barang milik korban dalam tas yang ditaruh di dekat kursi pengunjung wisata.

Korban mengetahui kejadian berupaya mencari ketiga pelaku di sekitar lokasi bersama warga namun tidak ditemukan. Di hari itu juga pukul 12.30 WIB korban melapor ke Polsek Dampit.

Atas kejadian ini, korban mengalami kerugian Rp 2 juta. “Setelah menerima laporan, kami langsung melakukan penyelidikan dan mendapatkan informasi bahwa salah satu pelaku WPS (17) menonton pertunjukan kuda lumping di Desa Jambangan, Kecamatan Dampit,” tegasnya.

Tak berselang lama polisi menciduk tersangka bersama barang bukti, sementara 2 pelaku lainnya masih dalam proses pencarian.

Akibat perbuatannya, WPS (17) dijerat dengan pasal Pencurian dengan pemberatan, sebagaimana dimaksud dalam pasal 363 ayat (1) ke 4e KUHP Jo Pasal 55 ayat (1) ke 1e KUHP. (*/had)