Terkait Izin Mudik Santri, Pemkab Malang Akan Buat SOP

Caption : Wahyu Hidayat. (ist)

BACAMALANG.COM – Terkait izin mudik santri, Pemkab Malang akan membuat SOP.

“Khusus para santri yang akan masuk ke wilayah ini (Kabupaten Malang), yang pasti kita akan bikinkan Standart Operational Procedure (SOP) terlebih dahulu,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat, Senin (3/5/2021).

Pemkab masih akan membuat Standart Operational Procedure (SOP) untuk kebijakan mudik bagi santri yang ada di Kabupaten Malang.

Wahyu menambahkan, pihaknya masih akan mendiskusikan terlebih dahulu dengan para jajarannya agar kebijakan yang diambil menjadi solusi yang tepat dalam menyikapi kondisi saat ini.

“Sebab saya beberapa kali mencatat, lewat video conference, Presiden RI Joko Widodo sangat mewanti-wanti agar jangan sampai ada penambahan angka masyarakat yang positif terpapar Covid-19,” tuturnya.

“Sebab musim liburan sangat rentang terjadinya pelanggaran,” sambungnya.

Atas dasar itu, Pemkab Malang, menurut Wahyu masih perlu mengkaji untuk izin mudik bagi Santri. Pun jika diperbolehkan perlu adanya SOP.

Sebelumnya, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memberikan dispensasi dengan mengizinkan santri pondok pesantren di Jatim untuk mudik saat Lebaran Idul Fitri.

Ia pun meminta agar para pengasuh pesantren memberikan surat pengantar bagi para santri, agar mereka bisa diperkenankan lewat dan lolos dari posko penyekatan. (*/had)