Terungkap! Ini Pelaku Pembuang Bayi dalam Kardus di Wonosari

Pelaku SCP (kiri) saat menjalani pemeriksaan di ruang penyidik Unit PPA Polres Malang (ist)

BACAMALANG.COM – Unit Reskrim Polsek Wonosari akhirnya mengamankan pelaku pembuangan bayi dalam kardus di Dusun Bumirejo, Desa Kebobang, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang.

Polisi mengamankan seorang berinisial SCP. Wanita 18 tahun ini yang melahirkan bayi laki-laki dan membuangnya dalam kardus, kemudian ditaruh di teras rumah kosong salah satu warga pada Senin (17/2/2020).

Belakangan diketahui, pelaku ini adalah yang melapor pertama ke Kepala Dusun Bumirejo terkait adanya bayi tersebut.

“Tersangka SCP ini merupakan saksi yang pertama kali menemukan bayi dan menyerahkannya ke Kasun setempat,” kata Kapolsek Wonosari, AKP Edi Purnama, Selasa (18/2/2020).

Menurut Edi, SCP sudah merencanakan pembuangan bayi tersebut. Hal itu untuk mengelabuhi warga.

“Sebelum melaporkan adanya penemuan bayi ke Kasun, tersangka membuat skenario seolah-olah bayi tersebut memang dibuang. Kami sebenarnya sempat menemukan kejanggalan dari keterangan tersangka saat masih berstatus sebagai saksi. Kami sudah menduga jika pelaku pembuangan bayi adalah SCP ini,” terangnya.

SCP sendiri kepada penyidik sempat mengelak jika bayi tersebut merupakan darah dagingnya. Namun, setelah melewati serangkaian proses penyidikan, SCP akhirnya mengaku.

“Kasusnya sudah kami limpahkan ke Unit PPA. Masih dalam proses penyidikan, kemungkinan tersangka juga bakal dijerat dengan pasal berlapis,” pungkas Edi. (mid/yog)