Tiga Maling Kabel Telkom Diringkus Polsek Pagelaran

Tinjau lokasi pencurian kabel Telkom. (ist)

BACAMALANG.COM – Kedapatan menjalankan aksinya, tiga maling berinisial SB (37), NP (20), dan SM (39) warga Kecamatan Pagak Kabupaten Malang, diringkus Petugas Polsek Pagelaran, Selasa (11/1/2022).

“Pelaku berhasil Kami amankan di TKP sekira jam 01.45 Wib atau Selasa (11/1) dinihari,” tandas Kapolsek Pagelaran Inspektur Polisi Satu (IPTU) Sugik Hernawan.

Diketahui, pencurian kabel PT. Telkom dilakukan di Desa Sidorejo, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, tepatnya di bawah jembatan Jalan Raya Desa Sidorejo.

Mereka kini dijebloskan di Rutan Mapolsek Pagelaran untuk pemeriksaan lebih lanjut. Modus mereka dengan cara menggali kabel yang berada di dalam tanah, kemudian memotong kabel milik PT. Telkom tersebut. Setelah digali kemudian pelaku memotong kabel tersebut menggunakan alat-alat potong yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Mendapat laporan, Petugas Polsek Pagelaran bergegas ke TKP serta mengamankan tiga pelaku sekaligus BB. Dari kejadian tersebut PT Telkom mengalami kerugian sekitar Rp 20 juta.

Beberapa BB meliputi senter, gergaji, gerinda, kapak, karung dan tampar yang digunakan oleh pelaku kini diamankan polisi. “Pelaku dijerat Pasal 363 KUHP tentang Tindak Pidana Pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara,” pungkasnya. (*/had)