Tingkatkan Imunitas Kala Pandemi, PKK Desa Talok Turen Gelar Lomba TOGA

Caption : Lomba TOGA Desa Talok Turen. (dok pribadi)

BACAMALANG.COM – Guna meningkatkan imunitas kala pandemi, PKK Desa Talok Kecamatan Turen Kabupaten Malang, menggelar Lomba TOGA (Tanaman Obat Keluarga).

“Potensi Desa Talok dalam lingkungan sehat khususnya gerakan tanam sayuran hijau & TOGA sangat dibutuhkan di tengah situasi pandemi ini. Harapannya keluarga sebagai basis terkecil dalam suatu kelompok masyarakat dapat menjadi pelaksana upaya promotif kesehatan & preventif pencegahan penyakit sejak dini melalui tanaman sayur hijau & toga ini,” tandas Ketua Tim Penggerak PKK Desa Talok, Irma Agus Harianto.

Seperti diketahui, telah digelar Lomba lingkungan sehat Desa Talok Tanaman Hijau & TOGA.

Adapun penyelenggara adalah Ibu-ibu PKK Desa Talok. Kegiatan ini diikuti semua RT wilayah RW di Dusun Madyorenggo & Jatirenggo Desa Talok Turen.

Turut dilibatkan 3 Dewan Juri Pakar di bidangnya yaitu: Tri Nurhudi Sasono, M.Kep. Dosen STIKes Kepanjen, Shera Veronika Presiden BEM STIKes Kepanjen & Duta Genre Kabupaten Malang serta Ilham Pendamping Desa Talok.

Adapun tujuan kegiatan diadakan lomba yakni melihat potensi yang ada pada keluarga khususnya di masing-masing RT serta bagi para pemenang nantinya bisa menginspirasi wilayah-wilayah lain untuk sama-sama bergerak dalam pentingnya tanaman sayuran hijau & TOGA ini.

Ia mengatakan, tentang makna kemerdekaan dikaitkan dengan pandemi. “Kemerdekaan Bangsa Indonesia diraih atas perjuangan para pahlawan terdahulu. Masa kini pun sama kita berjuang bersama dalam mengatasi pandemi COVID-19 ini melalui kegiatan gerakan tanam sayuran hijau & TOGA berbasis keluarga di wilayah Desa Talok dan sekitarnya,” terangnya.

Ia mengatakan aneka tanaman tersebut bisa dipergunakan untuk pencegahan tertular Covid.

“Jenis-jenis tanaman sayuran hijau & TOGA mudah didapatkan di lingkungan sekitar kita tinggal bagaimana kita untuk mengolah & memanfaatkannya sebagai upaya pengendalian pandemi maupun pencegahan penyakit Covid. Misal jenis tanaman Jahe, Serai maupun Kunyit ini yang sering kita kenal dengan herbal Nusantara sangatlah mudah didapatkan di sekitar kita yang bermanfaat dalam meningkatkan imun dan kekebalan tubuh apalagi di situasi pandemi saat ini,” ungkapnya.

Diharapkan kegiatan lomba ini tidak berhenti cukup disini akan tetapi perlu keberlanjutan ke depannya. Sejak awal saat menjabat Kepala Desa Talok, Agus Harianto menaruh harapan besar pada potensi keluarga di masing-masing RT bisa dikembangkan lagi & bermanfaat bagi wirausaha kesejahteraan warganya.

Daftar Pemenang: Juara 1 RT 01 RW 02 dengan nilai 526; Juara 2 RT 01 RW 01 dengan nilai 527; Juara 3 RT 01 RW 03 dengan nilai 517; Juara Harapan 1 RT 04 RW 05 dengan nilai 509; Juara Harapan 2 RT 02 RW 01 dengan nilai 485; Juara Harapan 3 RT 04 RW 10 dengan nilai 479. (had)