Tingkatkan Wawasan Peternak, Digelar Seminar dan Pelatihan Manajemen Pakan Keswan di Desa Srigonco Bantur

Seminar dan Pelatihan Manajemen Pakan Keswan di Desa Srigonco Bantur. (ist)

BACAMALANG.COM – Untuk meningkatkan wawasan peternak, Pemerintah Desa Srigonco Kecamatan Bantur Kabupaten Malang bersinergi dengan Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya, menggelar seminar dan pelatihan manajemen pakan dan kesehatan ternak di Balai Desa Srigonco Minggu (19/6/2022).

“Kami ingin meningkatkan wawasan peternak dengan mengadakan seminar dan pelatihan manajemen pakan dan kesehatan ternak,” tegas Kepala Desa Srigonco, Didit Puji Leksono.

Dikatakannya tujuan kegiatan adalah untuk menambah wawasan peternak di Desa Srigonco agar memahami tentang manajemen pakan ternak dan kesehatan ternak.

“Tujuan lain adalah untuk mengembangkan dan memajukan usaha ternak yang dilakukan oleh peternak Desa Srigonco. Serta sebagai wadah untuk silaturahmi antar peternak,” paparnya.

Ada beberapa kegiatan meliputi pemberian materi tentang pemanfaatan limbah ternak untuk menambah kemanfaatan limbah ternak sebagai pupuk organik agar dapat menjadi solusi peternak dalam masalah limbah ternak.

Berpartisipasi menjadi pemateri, Dosen nutrisi pakan ternak Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya
Dr.Ir. Marjuki, M.Sc, Mahasiswa S2 Fakultas Universitas Brawijaya Ratna Iffany Faradilla Besari, S.Pt dan
mahasiswa S1 Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Firmansyah Budi Pratama.

“Pemaparan materi manajemen pakan ternak merupakan hal yang sangat mendapat perhatian dari peternak karena pakan adalah biaya terbesar dalam orang berternak baik itu ternak unggas ataupun ternak ruminansia. Jika peternak bisa mengetahui dan bisa memaksimalkan tentang manajemen pakan peternak bisa menekan biaya pakan dan memaksimalkan bahan baku pakan yang ada di sekitar,” urainya.

Kegiatan ini diikuti oleh peserta yaitu kelompok ternak Lembu Muda Desa Srigonco, BEM Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya, dan BVP (Boer Village Project) Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya.

Sementara itu, Mahasiswa S2 Fakultas Universitas Brawijaya Ratna Iffany Faradilla Besari, S.Pt, mengungkapkan harapan terkait kegiatan ini.

“Harapannya Pemerintah desa bisa hadir untuk peternak-peternak khususnya di Desa Srigonco agar bisa memajukan dan memfasilitasi peternak,” pungkasnya.(had)