Tinjau Vaksinasi Drive Thru, Ini Pesan KRI Satlantas Polres Batu

Kanit Regident Polres Batu Iptu Wiwit Mariyanto, saat meninjau jalannya pelaksanaan vaksinasi Drive Thru. (Eko)

BACAMALANG.COM – Polres Batu melalui Satlantas menggelar kegiatan Vaksinasi Drive Thru. Layanan ini sengaja diberikan Polres Batu guna memudahkan masyarakat dalam mendapatkan vaksinasi.

Kegiatan yang berlangsung di depan Pos Polisi M90, Jalan Gajahmada, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu ini bertujuan untuk mendukung program dari pemerintah pusat, dalam membentuk herd immunity atau kekebalan komunal di Kota Batu.

Guna memastikan kelancaran proses vaksin secara Drive Thru ini, Kanit Regident Satlantas Polres Batu Iptu Wiwit Mariyanto, saat melakukan pengecekan secara langsung jalannya pelaksanaan vaksinasi di lapangan menjelaskan, bahwa calon peserta vaksinasi cukup hanya menunggu di kendaraan.

“Ya, dengan vaksinasi Drive Thru ini peserta bisa menunggu antrian di dalam mobil, dan tidak perlu kepanasan. Sedangkan untuk pengendara motor juga bisa langsung mengikuti vaksinasi tidak perlu turun dari motornya, karena petugas vaksinator akan menghampiri peserta vaksin di kendaraannya masing-masing,” terang Wiwit kepada awak media, Senin (11/10/2021) pagi.

Perwira Polisi ini mengatakan, bahwa gelaran vaksinasi Drive Thru tersebut juga dilaksanakan di seluruh jajaran Polda Jawa Timur, termasuk Polres Batu.
Khusus untuk vaksinasi Drive Thru kali ini dilaksanakan sebanyak 200 dosis yang menggunakan vaksin jenis Sinovac, dan ditujukan kepada masyarakat Kota Batu yang melintas, dengan cukup membawa fotocopy KTP dan KK, atau masyarakat yang sudah mendaftar.

“Kami melakukan pengecekan yang naik roda dua, maupun roda empat, rata-rata mereka melakukan vaksin yang pertama, dan mereka mengetahui kegiatan ini dari media sosial seperti WhatsApp maupun facebook,” kata dia.

Kemudian khusus di sini, lanjut Wiwit, masyarakat yang mengikuti kegiatan vaksinasi secara Drive Thru ini mereka (peserta-red) cukup datang saja ke lokasi, dan bagi yang tidak dapat datang bisa di jemput.

“Kami juga jemput bola kepada masyarakat lansia yang tidak dapat datang ke lokasi kami jemput, dan pulangnya juga kami antar,” ungkapnya.

Selain itu, Kanit Regident Satlantas Polres Batu ini juga berpesan sekaligus meminta kepada masyarakat Kota Batu untuk melaksanakan vaksin, selanjutnya menjaga protokol kesehatan.

“Walaupun Kota Batu sudah turun ke level dua masyarakat jangan terlena, tetap harus menerapkan protokol kesehatan. Jadi tolong dipertahankan disiplinnya, tetap jaga kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, itu menjadi bagian yang sangat penting untuk meminimalis penyebaran Covid-19,” imbau dia.

Sementara itu, salah seorang lansia peserta vaksin Paidi (65) dari Dusun Srebet, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Kota Batu yang di jemput Kanit Regident mengucapkan rasa terimakasihnya.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Kanit Regident Satlantas Polres Batu, karena telah membantu dengan menjemput saya ke rumah,” ungkap Paidi.

Dirinya juga berharap, agar masyarakat Kota Batu terutama yang lansia tidak perlu takut untuk mengikuti vaksin, karena demi untuk mencegah penyebaran dari virus Corona.

“Vaksin memang penting, karena lansia seperti saya sangat rentan sekali terpapar, maka dari itu ayo vaksin. Selain vaksin itu halal juga sangat aman,” tandasnya. (Eko)