Tokoh Papua di Malang Ajak Dukung Otsus II

Ilustrasi

BACAMALANG.COM – Dinilai memiliki banyak manfaat dan hal strategis, Tokoh Papua di kota Malang Jack Mambruk Fasyun mengajak rakyat dan mahasiswa mendukung Otonomi Khusus II.

“Banyak yang bisa diambil sisi positif yang menguntungkan bagi rakyat Papua bila Otsus tersebut turun ke Papua, salah satu diantaranya adalah pembangunan infrastruktur di wilayah Papua semakin terpenuhi,” kata Jack.

Seperti diketahui, Otonomi Khusus (Otsus) Jilid II terus dipermasalahkan oleh sejumlah kelompok mahasiswa. Bahkan, protes tersebut dilakukan dengan cara melakukan demonstrasi di sejumlah kota di Jawa Timur khususnya di Kota Malang dan Surabaya.

Dalam hal ini, para mahasiswa yang melakukan demonstrasi tersebut kemungkinan masih belum memahami bahwa Otsus Jilid II sangat menguntungkan bagi warga Papua dimana dari situ akan ada sebuah terobosan dalam hal pembangunan.

Jack mengatakan sangat miris dengan demonstrasi yang dilakukan adik-adik mahasiswa yang menurutnya bisa ditunggangi oleh oknum tertentu itu.

Padahal selain membangun infrastruktur itu, Otsus Jilid II juga membantu pembiayaan mahasiswa yang mengikuti jenjang pendidikan di luar wilayah Papua.

“Disini juga menyempurnakan kembali program pemerintah yang belum sepenuhnya terealisasi, pemberian bantuan belajar kepada pelajar dan mahasiswa Papua untuk menerima beasiswa dan melaksanakan pembelajaran hingga perkuliahan di sekolah atau kampus diluar tanah Papua, sehingga ke depan nanti bisa menghasilkan pemuda Papua sebagai generasi masa akan datang menjadi lebih maju, cerdas dan produktif dalam memanfaatkan sumber daya alam yang banyak tersedia di tanah Papua,” papar dia.

Untuk itu, Jack mengajak kepada adik-adik mahasiswa yang berasal dari Papua dan juga tokoh warga Papua di Jawa Timur khususnya di Kota Malang agar sama-sama kembali mendukung Otsus Jilid II supaya bisa mewujudkan kemajuan bagi wilayah Papua.

“Juga bisa memberikan kesempatan yang luas bagi saudara-saudara kita, adik-adik yang ingin belajar dan kuliah lebih baik diluar Papua, karena di pundak merekalah semua, harapan pembangunan ke depan bisa tercapai,” tukas Jack.

Disisi lain, Jack juga berpesan dalam rangka merayakan Hari Raya Natal 2020 ini mengimbau kepada adik-adik mahasiswa Papua yang sedang menyelesaikan studi dan kuliahnya di Kota Malang bisa menjadikan momentum Natal untuk menjadi lebih baik untuk berbenah diri.

“Juga untuk bisa berbuat lebih baik kepada negeri ini, orang tua serta keluarga dan bahkan diri sendiri agar menjadi penerus putra Papua yang berhasil membangun daerahnya nanti,” pungkas Jack. (*/had)