Top, FISIP UB Raih Beasiswa IISMA Kemendikbud RI 2021 Terbanyak

George Towar Ikbal Tawakkal, Ketua International Relation Office FISIP UB. (ist)

BACAMALANG.COM – Salah satu tantangan yang dihadapi oleh perguruan tinggi adalah menyediakan lingkungan pendidikan yang mampu menghasilkan sumber daya manusia yang unggul di kancah nasional maupun internasional.

Daya saing mahasiswa lulusan perguruan tinggi di kancah internasional tidak terlepas dari sistem pendidikan yang didapatkan di perguruan tinggi. Hal demikianlah yang menjadi salah satu perhatian Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya.

Dengan memanfaatkan program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbud pada tahun 2021, FISIP Universitas Brawijaya (UB) berkomitmen mengirimkan mahasiswa-mahasiswanya untuk ambil bagian dalam program tersebut.

“Alhamdulillah, atas kerjasama seluruh unit kerja, 15 mahasiswa FISIP Universitas Brawijaya berhasil diterima di program IISMA. Capaian ini sekaligus menjadikan FISIP sebagai fakultas dengan mahasiswa penerima beasiswa IISMA terbanyak di Universitas Brawijaya”, ujar George Towar Ikbal Tawakkal, Ketua International Relation Office FISIP UB.

Secara keseluruhan, terdapat 65 mahasiswa Universitas Brawijaya yang diterima dalam program IISMA, dengan rincian sebagai berikut: lima belas mahasiswa dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, tiga mahasiswa berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, lima mahasiswa dari Fakultas Hukum, dua mahasiswa dari Fakultas Ilmu Administrasi, empat belas mahasiswa dari Fakultas Ilmu Budaya, dua mahasiswa dari Fakultas Kedokteran, lima mahasiswa dari Fakultas MIPA, lima mahasiswa dari Fakultas Pertanian, dua mahasiswa dari Fakultas Peternakan, lima orang dari Fakultas Teknik, serta tujuh mahasiswa dari Fakultas Teknologi Pertanian.

Komitmen FISIP untuk menyediakan program studi yang unggul telah ditunjukkan dengan keberhasilan seluruh program studi di FISIP UB, yakni Program studi Ilmu Komunikasi, Psikologi, Sosiologi, Hubungan Internasional, Ilmu Politik, dan Ilmu Pemerintahan, mengirimkan mahasiswanya di program IISMA 2021. Program IISMA memberikan kesempatan kepada mahasiswa program sarjana untuk mengikuti perkuliahan selama satu semester di universitas mitra luar negeri.

Program ini juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berinteraksi dengan mahasiswa, dosen, dan masyarakat dari berbagai Negara. Menurut edaran Ditjen Dikti Kemendikbud, mahasiswa penerima IISMA akan belajar selama 16 pekan di universitas mitra luar negeri, mulai September 2021 hingga Desember 2021.

“Lima belas mahasiswa FISIP penerima IISMA akan tersebar mengikuti perkuliahan selama satu semester di beberapa universitas di Inggris, Skotlandia, Irlandia, Polandia, Hungaria, Ceko, Korea Selatan, Singapura, dan Malaysia,” tegas George Towar Ikbal Tawakkal.

Berikut ini adalah kelima belas mahasiswa FISIP berdasar asal program studi dan universitas mitra luar negeri yang menjadi tujuan.

  1. Aubrey Ammaritza, Psikologi, Nanyang Technological University
    Singapura, Singapura.
  2. Talidah Putri Syafril, Psikologi, National University of Ireland, Galway
    Galway, Irlandia.
  3. Aida Radifa Gunawan, Ilmu Komunikasi, Hanyang University
    Seoul, Korea Selatan.
  4. Ivan Bimantoro Wachid, Ilmu Komunikasi, Palacky University Olomouc, Olomouc, Ceko.
  5. Yong Irwana Indrajaya, Ilmu Pemerintahan, Universiti Sains Malaysia, Penang, Malaysia.
  6. Nayika Kumara, Ilmu Komunikasi
    University of Glasgow, Glasgow, Skotlandia.
  7. Radhiyya Farhin, Ilmu Komunikasi
    University of Leicester, Leicester, Inggris.
  8. Alanis Desramadini Marja Arif
    Ilmu Komunikasi, University of Limerick
    Limerick, Irlandia.
  9. Diaz Rafif Triwardhana
    Ilmu Politik, University of Pecs, Pecs, Hungaria.
  10. Annisa Rakhmalya Khairani
    Hubungan Internasional, University of Pecs, Pecs, Hungaria.
  11. Wanda Rahmalestari, Hubungan Internasional, University of Warsawa
    Warsawa, Polandia.
  12. Anindya Novianti Putri, Hubungan Internasional, University of Warsawa
    Warsawa, Polandia.
  13. Zahra Putri Salsabila, Hubungan Internasional, University of Warsawa
    Warsawa, Polandia.
  14. Ananda Dea Fadila, Hubungan Internasional, University of York
    York, Inggris.
  15. Putra Satria, Sosiologi, Palacky University Olomouc, Olomouc, Ceko.

Keberhasilan ini diharapkan dapat menjadi salah satu pintu masuk bagi FISIP untuk membangun kerjasama Internasional dengan berbagai universitas di luar negeri, serta membangun lingkungan akademik yang bertaraf internasional.

Mahasiswa-mahasiswa penerima beasiswa IISMA, diharapkan dapat menjadi duta FISIP untuk mempromosikan FISIP UB di masyarakat internasional.

Sekembalinya mereka dari Program IISMA, mereka diharapkan dapat berperan aktif mentransfer pengetahuan dan pengalaman positif yang diperoleh di universitas luar negeri, kepada mahasiswa-mahasiswa FISIP secara umum dalam rangka membangun budaya akademik yang lebih baik. (*/had)