Turnamen Pencak Silat Kapolresta Malang Kota Cup II Digelar

Gelaran pencak silat Kapolresta Malang Kota Cup. (ist)

BACAMALANG.COM – Puluhan atlet mengikuti gelaran turnamen pencak silat remaja se-Kota Malang dalam rangka Kapolresta Malang Kota Cup II. Kegiatan ini berlangsung dua hari, dari tanggal 21 dan 22 Juni 2022 di Ballroom Sanika Satyawada Polresta Malang Kota.

Para atlet pencak pesilat ini, berangkat dari masing-masing Polsek setempat, sesuai domisili masing masing peserta. Turnamen tersebut merupakan rangkaian peringatan HUT Bhayangkara ke-76 pada 1 Juli 2022 mendatang.

“Untuk Kapolresta Cup II hari ini, diikuti 45 peserta remaja. Digelar 2 hari (hari ini dan besok, 21-22/06/2022). Para peserta dari 5 wilayah Polsek di Kota Malang,” jelas Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto, usai membuka turnamen pencak silat remaja di Ball room sanika satyawada, Selasa (21/06/2022).

Ia menambahkan, dalam gelaran kali ini pihaknya bekerjasama dengan Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) serta beberapa perguruan pencak silat di Kota Malang. Namun, yang diutamakan adalah peserta dari Kecamatan-kecamatan.

Selain itu, dalam turnamen ini sengaja tidak membawa nama ataupun bendera perguruan. Hal itu dimaksudkan untuk menghindari adanya kecemburuan antar perguruan atau ada hal lain yang tidak diinginkan. “Jadi setiap Polsek membawa peserta yang berasal dari wilayahnya masing masing,” lanjut mantan Kapolres Batu ini.

Sementara, nantinya para pemenang akan diberikan  hadiah uang tunai untuk uang  pembinaan. Selain itu, juga diberikan hadiah  tambahan, yang dilakukan secara acak.

Kapolresta yang akrab disapa Buher ini berharap, dengan adanya gelaran pencak silat ini akan memunculkan para atlet pencak silat yang bisa dibawa ke ajang yang lebih atas. “Pencak silat itu, merupakan produk dan budaya dalam negeri. Ini merupakan seni yang  harus dilestarikan. Semoga kegiatan ini semakin bisa menumbuhkan cinta terhadap bangsa, dan saling menjaga persaudaraan, diantara para peserta,” pungkasnya. (him)