UKP Brigadir, Anggota Polres Batu Ikuti Latihan Beladiri

Foto: Ipda Ivandi Yudhistiro, saat melatih anggota Polres Batu dalam rangka UKP Brigadir. (ist)

BACAMALANG.COM – Untuk mengasah kemampuan dan pengetahuan teknik, sekaligus juga melatih jiwa disiplin, para personil Polres Batu dan Polsek jajaran mengikuti latihan beladiri Polri. Latihan itu dalam rangka Usulan Kenaikan Pangkat (UKP) Brigadir pada periode 1 Juli 2020.

Sebanyak 29 anggota dengan kompak mengikuti latihan. Giat itu bertempat di lapangan Futsal Barcelona, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Kamis (5/3/2020).

Sebelum kegiatan tersebut dimulai, terlebih dahulu diawali dengan doa bersama yang kemudian dilanjutkan dengan pemanasan.

Kasubbag Humas Polres Batu, Iptu Ivandi Yudistiro yang juga sebagai pelatih menjelaskan, bahwasanya latihan ini wajib diikuti oleh personil Polri.

“Karena ini selain untuk mengasah kemampuan, juga memberikan pengetahuan tentang teknik yang dapat digunakan apabila berhadapan dengan pelaku kejahatan, baik tangan kosong maupun dengan senjata,” terang dia.

Perwira polisi ini menambahkan, secara tidak langsung, personil Polri yang dibekali dengan beladiri bakal siap, karena memiliki rasa percaya diri saat dihadapkan dengan kejadian.

“Kemampuan beladiri untuk melakukan perlawanan oleh pelaku kejahatan. Selain itu, manfaat dan kegunaannya sangat banyak. Salah satunya adalah untuk melatih jiwa disiplin, menjaga kesehatan dan metabolisme bagi tubuh,” imbuhnya.

Ia juga memaparkan, sebenarnya, beladiri sama dengan olahraga pada umumnya.

“Itu mengingat, berlatih beladiri digunakan untuk benteng pertahanan diri dari pelaku kejahatan maupun tindak kriminal. Belum lagi tantangannya tugas yang semakin berat. Maka berat pula tanggung jawab, apalagi yang akan naik pangkat,” beber dia.

Ivandi menyebut, latihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, dan kesiap siagaan anggota.

“Agar masyarakat terjamin keselamatannya dengan kehadiran polisi. Karena anggota Polri sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat. Dengan adanya latihan ini, fisik maupun teknik anggota diharapkan harus profesional,” pungkasnya. (Eko)