UMK Kabupaten Malang 2022 Tetap, Begini Penjelasan Kepala Dinas Tenaga Kerja

Kepala Disnaker Kabupaten Malang, Yoyok Wardoyo saat memberikan keterangan kepada wartawan (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Besaran UMK Kabupaten Malang tahun 2022, ternyata masih sama dengan UMK tahun 2021, yaitu sebesar Rp 3.068.275. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Malang, Yoyok Wardoyo, Kamis (2/12/2021).

“Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) Kabupaten Malang tahun 2022 dipastikan tetap, tidak mengalami kenaikan,” terang Yoyok, sapaan akrabnya.

Yoyok menjelaskan, besaran UMK 2022 itu berdasarkan hasil sidang dewan pengupahan yang penentuannya menggunakan formula yang tertuang di dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 36 tahun 2021 tentang pengupahan.

Dikatakannya, untuk menentukan UMK itu menggunakan formula di dalam PP 36, Undang-Undang Cipta Kerja, yakni di dalam formula tersebut bersumber pada data BPS, yang menjadi satu satunya sumber data.

Dari sumber data dengan metodologi yang digunakan BPS itu, maka hasilnya UMK Kabupaten Malang dinyatakan tidak mengalami kenaikan, sama dengan UMK tahun berjalan yaitu tahun 2021.

“Itu hasil sidang dewan pengupahan yang di dalamnya ada unsur buruh, perusahaan dan pemerintah. Dari buruh sempat menolak formula itu. Sebab itu, kami tetap akan menerima aspirasi buruh. Namun, sampai saat ini tidak ada alasan hukum lain, selain PP 36 tahun 2021,” pungkasnya. (*/had)