UMM Dipercaya Jadi Tuan Rumah PIMNAS ke-35 Tahun 2022

Warek III UMM saat menerima piala bergilir PIMNAS dari Plt Kepala pusat prestasi nasional Asep Sukmayadi

BACAMALANG.COM – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menjadi atensi bagi para mahasiswa di seluruh Indonesia. Pasalnya, sebanyak 97 perguruan tinggi swasta maupun negeri mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-35 di UMM.

UMM ditunjuk sebagai penyelenggara acara nasional tersebut oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas). Pasalnya UMM dianggap layak digunakan sebagai tempat terselenggaranya Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Ke-35.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UMM, Dr. Nur Subeki, ST., MT bahwa UMM dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggara PIMNAS ke 35.

“PIMNAS Ke-35 tahun ini mengangkat tema “Pengembangan Kreativitas dan Inovasi Mahasiswa Berbasis Transformasi Digital Menuju Indonesia Emas 2045”. Nah kita bersyukur UMM dipercaya sebagai tuan rumah, kami sangat bangga karena UMM kami dianggap telah memenuhi persyaratan sebagai tuan rumah,” jelas Warek III.

Masih menurut Eko, sapaan akrab Warek III ini, mengatakan sebelumnya ada beberapa calon tuan rumah, namun akhirnya UMM yang ditunjuk.

“UMM sebagai institusi di bawah negara akan selalu siap untuk berkontribusi dalam penyelenggaran kegiatan-kegiatan nasional. Meski ada beberapa calon tuan rumah lain, namun UMM dinilai paling siap dan sigap untuk melangsungkan agenda bergengsi ini. Pada akhirnya pihak Puspresnas memilih UMM dan berharap bisa dilaksanakan dengan lancar,” katanya.

Eko melanjutkan bahwa penunjukan UMM tentu telah melalui spesifikasi dan kriteria yang sudah disetujui. Diantaranya yakni menjadi peserta PIMNAS, siap secara infrastruktur dan fasilitas serta penanganan kesehatan yang lengkap. Syarat-syarat tersebut telah dimiliki UMM karena memiliki Dome sebagai perhelatan acara dan tiga hotel yang siap menjadi tempat singgah peserta.

Termasuk penanganan kesehatan nantinya,  dengan penanganan yang mumpuni karena UMM memiliki rumah sakit sendiri. Bahkan Kampus Putih juga memiliki relawan yang siap menjaga dan menyiapkan obat serta peralatan kesehatan.

Selain itu, aspek lain yang diperhatikan adalah bahwa tuan rumah juga harus memiliki jumlah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang mencukupi dalam perhelatan PIMNAS.

“Sebagai tuan rumah, UMM tentu harus sukses dalam 3P. Yakni sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, dan sukses publikasi. Dengan begitu, PIMNAS bukan hanya monoton sebagai aktivitas kompetisi saja, tapi juga menjadi hiburan yang menyenangkan. Semoga dari PIMNAS di UMM ini muncul inovasi-inovasi terbaik dari pemuda yang bisa memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat,” tegas Eko.

Adapun kegiatan tersebut akan berlangsung selama empat hari yakni pada 30 November-3 Desember 2022. Sedangkan jumlah peserta yang akan beradu kreativitas dan inovasi di ajang bergengsi antar perguruan tinggi totalnya lebih dari 1.700 peserta dari 97 perguruan tinggi di Indonesia yang akan bersaing.

Sementara itu, Ketua Pelaksana PIMNAS ke-35 Dr. Hariyadi, S.Pi., M.Si menjelaskan bahwa PIMNAS tahun ini memiliki keunggulan. Salah satunya adalah sistemnya yang didigitalisasi. Mulai dari pendaftaran online, penggunaan barcode serta mengurangi penggunaan kertas selama kompetisi berlangsung.

“Digitalisasi menjadi penting karena kita ingin semuanya lebih efisien dan terkendali. Pengurangan kertas juga harus dilakukan dalam rangka berupaya menjaga lingkungan. Saya harap kegiatan ini menjadi ajang berkumpulnya para insan muda terbaik bangsa yang memiliki prestasi di bidang ilmiah. Peserta PIMNAS 35 UMM diharapkan dapat maju bersama dan bersatu untuk menghasilkan karya karya kreatif, inovatif, dan unggul,” harapnya mengakhiri. (him)