UMM Rangkul Universiti Teknologi Mara Malaysia Kerjasama di Bidang Kesehatan

Rektor UMM bersama Warek I dan Dekan Fikes UM serta narasumber symposium usai menandatangani kerjasama dengan UiTM Malaysia

BACAMALANG.COM – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) meyakini kolaborasi merupakan kunci keberhasilan. Oleh karena itu dalam rangka internasionalisasi, Kampus Putih menambah intensitas kerjasama internasional. Kali ini kerjasama dengan Universiti Teknologi Mara (UiTM) Pulau Penang Malaysia.

Dalam sambutannya Rektor UMM, Dr Fauzan MPd menyampaikan kolaborasi baik nasional maupun internasional adalah kunci menuju sukses. Maka kerjasama antara Fakultas Kesehatan (FIKES) UMM dengan UiTM, adalah kunci sukses kerjasama internasional.

“Kerjasama antara Fikes UMM dengan Universitas Teknologi Mara merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas kedua perguruan tinggi,” ungkap Rektor UMM Fauzan, Jumat (20/01/2023).

Sementara itu, Wakil Rektor I UMM, Prof Samsul Arifin menjelaskan, kerjasama bersama UiTM merupakan kerjasama internasional untuk kesekian kalinya.

“Dimana kerjasama tersebut akan berlangsung mulai tahun 2023 sampai 2026. Implementasi kerjasamanya berupa pengembangan kolaborasi di bidang riset, mobilitas mahasiswa, faculty mobility,” terang Samsul Arifin.

Sedang Dekan Fikes UMM, Dr Yoyok Bekti Prasetyo MKep SpKom mengatakan dipilihnya UiTM sebagai mitra kerjasama karena adanya beberapa kesamaan.

“Kesamaan kita dengan UiTM yakni dari segi keilmuan yang serumpun, antara kedua belah pihak yakni keperawatan, fisioterapi, dan farmasi,” urainya.

Terkait bentuk aplikasi kerjasama, Yoyok menyebut pembahasan tentang masalah stunting di Indonesia.

“Dimana hal ini juga menjadi perhatian serius dari Presiden Joko Widodo. Seminar yang di bahas terkait kesehatan ibu dan anak, dimana di Indonesia yang menjadi perhatian Presiden Jokowi yakni masalah stunting,” paparnya.

Sedangkan tindak lanjut dari kerjasama ini, akan ada enam mahasiswa UMM yang berangkat ke Malaysia untuk belajar di UitM.

“Akan ada enam mahasiswa Fikes UMM yang dalam waktu dekat belajar ke UiTM setelah melalui seleksi akademik, bahasa dan kemampuan SDM,” pungkas Yoyok.

Kerjasama ini ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman antara UMM dengan Universiti Teknologi Mara (UiTM) Pulau Penang Malaysia.(him)