UNICEF dan LPKIPI Gelar Pelatihan Bagi Anak-anak

BACAMALANG.COM – UNICEF dan Lembaga Pelatihan dan Konsultan Inovasi Pendidikan Indonesia (LPKIPI) menggelar pelatihan bagi anak-anak. Kegiatan ini diadakan pada tanggal 14-16 April 2022, bertempat di Aula Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

“Pelatihan softskill ini diharapkan memberikan kontribusi bagi pembagunan Kota Malang, mengingat peran anak sebagai pelopor dan pelapor (2P) untuk pembangunan Kota Malang,” tegas Pendamping Forum Anak Kota Malang, Achmad Lutfi.

Seperti diketahui UNICEF dan Lembaga Pelatihan dan Konsultan Inovasi Pendidikan Indonesia berupaya meningkatkan softskill anak di Kota Malang untuk bisa membangun potensi anak menjadi pelopor pencegahan kekerasan berbasis gender dan perkawinan anak.

Sebanyak 40 Anak dijadikan sebagai agen pelopor. Mereka berasal dari berbagai kalangan anak dilatih oleh UNICEF melalui mitranya, yaitu LPKIPI bersama dengan Forum Anak Kota Malang.

Progam pelatihan ini sebagai rangkaian kegiatan dalam program “Pencegahan dan penanggulangan Kekerasan Berbasis Gender (KBG) dan perkawinan anak melalui penguatan norma sosial berbasis masyarakat.”

Kegiatan ini meliputi berbagai hal, salah satunya mempelajari Modul PKH dengan menggali isu-isu kesehatan dan lingkungan, bagaimana bekerja dengan remaja, menggali isu-isu PKH di kehidupan remaja khususnya di wilayah sekitar masing-masing, menghadapi era digital abad 21 dan menganalisa permasalahan serta bagaimana remaja mengelolanya.

Dalam modul PKH tersebut terdapat materi tentang Perkawinan Anak, Kekerasan Berbasis Gender (KBG) serta Perlindungan dari Eksploitasi dan Perlakuan Salah Seksual (PEPSS).

Upaya ini sangat penting untuk ikut mencegah dan menangani KGB ini adalah memperkuat kapasitas anak dan remaja sebagai aktor penting baik sebagai pelopor yang secara aktif ikut mempromosikan atau mengkampanyekan dunia tanpa kekerasan termasuk perilaku-perilaku positif serta sebagai pelapor untuk secara aktif ikut mendeteksi secara dini bila ada teman-temannya yang menjadi korban KBG atau dalam posisi rentan sehingga berisiko mendapatkan KBG.

Pelatihan keterampilan hidup ini digelar di Kota Malang karena remaja dan anak di Kota Malang sendiri masih banyak yang belum mengetahui tentang bagaimana skill mereka bisa dikembangkan, apalagi dengan ekosistem yang ada di sini (Kota Malang) dinilai layak sebagai pengembangan dari Program Kota Layak Anak.

Kegiatan pelatihan PHK ini diharapkan anak dan remaja, dapat menjadi agen perubahan di wilayah masing-masing agar dapat memberikan dan menularkan ilmu yang didapat kepada teman-temannya sehingga pencegahan dalam berbagai masalah anak yang dihadapi bisa diatasnya. (*/had)