UNIDHA Malang Katrol Kemampuan Mahasiswa Lewat KMMI

Foto : Penutupan KMMI Unidha Malang. (yog)

BACAMALANG.COM – Dalam upaya mengkatrol kemampuan mahasiswa, Universitas Wisnu Wardhana (UNIDHA) Malang menggelar program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI).

“KMMI merupakan salah satu kegiatan Merdeka Belajar yang melibatkan pihak Bidang Pendidikan Tinggi (Dikti) dengan diikuti 85 Perguruan Tinggi Negeri/Perguruan Tinggi Swasta (PTN/PTS) di seluruh Indonesia,” tegas Rektor Universitas Wisnuwadhana Malang, Prof. Dr. H. Suko Wiyono, S.H MH, Sabtu (27/11/2021).

Seperti diketahui, Universitas Wisnu Wardhana Malang menggelar program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia yang merupakan program pelengkap pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa di dunia kerja dan industri yang mendukung implementasi program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).

Dikatakannya, Program ini sebagai aktualisasi dan referensi materi yang digunakan dalam dunia kerja dan Industri.

Lewat program ini, mahasiswa memiliki kesempatan belajar di luar kampus untuk meningkatkan pendidikan yang didapatkan, dan untuk meningkatkan softskill dan kemampuan mahasiswa. “KMMI berfungsi untuk melengkapi sistem pembelajaran di kelas. Saya berharap mahasiswa dapat memperoleh kemampuan aktual dan komprehensif yang dibutuhkan oleh dunia kerja,” jelasnya.

Pelaksanaan program KMMI ini, lanjut Suko, akan memiliki banyak keuntungan bagi mahasiswa, salah satunya, kemudahan untuk bisa belajar dari manapun. “Program ini juga membuka peluang bagi para mahasiswa untuk mempelajari jurusan lain yang diminati, dan saat ini telah diikuti 280 mahasiswa dari Sabang sampai Merauke,” tegasnya.

Sebagai informasi, dalam Penutupan Program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) Tahun 2021 Universitas Wishnuwardhana (UNIDHA) Malang ini menghasilkan empat program keahlian. Keempat program tersebut antara lain Transferable Skill of Entrepreneur Course, Public Sector Financial Reporting Technic (Perfect Course), Practice Supervisory and Managerial Skills, Teknik Perancangan dan Negosiasi Kontrak. (*/had)