Upacara Kerakyatan HUT RI di Pantai Ngliyep, Kenang Perjuangan Pahlawan

Caption : Peringatan Upacara Kerakyatan HUT RI. (dok pribadi)

BACAMALANG.COM – Untuk mengenang perjuangan Pahlawan bangsa, digelar Upacara Kerakyatan HUT RI ke-76 di Pantai Ngliyep Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang.

“Walaupun masih pandemi dan PPKM tak menghalangi jiwa nasionalisme warga Ngliyep dan pemuda untuk mengenang perjuangan pahlawan dengan melakukan upacara 17 Agustus,” terang Direktur PD Jasa Yasa, Ahmad Faiz Wildan.

Seperti diketahui, Upacara Kerakyatan memperingati HUT RI ke-76 digelar di Pantai Ngliyep pada Selasa (17/8/2021).

Upacara tersebut dihadiri warga sekitar pantai Ngliyep serta eleman pemuda dari beberapa Kecamatan se-Kabupaten Malang.

Menurutnya, Upacara Kerakyatan ini rutin digelar setiap tahun dalam rangka peringatan HUT RI. Ia menambahkan, upacara kali ini merupakan tahun ketiga.

“Sudah berjalan selama 3 tahun hal ini sebagai upaya untuk mengenang sejarah yang pernah hilang,” tegas Pria yang juga Sekretaris DPD KNPI Kabupaten Malang ini.

Ia menyebutkan, Bangsa Indonesia sempat kehilangan fakta sejarah tentang perjalanan sang proklamator Bung Karno. Dijelaskan, fakta sejarah tersebut sang proklamator Ir Soekarno pernah singgah di Pantai Ngliyep.

“Hal ini dibuktikan dengan puisi Presiden Soekarno yang berjudul “Aku Melihat Indonesia,” paparnya.

Wildan berpesan agar pemuda jangan sampai lupa terhadap sejarah. Ini sesuai dengan pesan Bung Karno Jas Merah.

“Jas Merah ! Jangan sampai kita lupakan dan kita harus selalu mengenang sejarah,” terangnya.

Diketahui, mantan Presiden Soekarno menulis puisi Aku Melihat Indonesia ini di pantai Ngliyep. Berbagai sumber menyebut, pantai Ngliyep menjadi salah satu tempat Bung Karno untuk menyendiri. (*/had)

Pemkot Malang