Upaya Menumbuhkan Minat Baca Bagi Anak, PMM Kelompok 21 UMM Dirikan Perpustakaan Mini

Kegiatan PMM (Sumber : Dokumentasi Pribadi)

BACAMALANG.COM – Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) yang dilakukan sejumlah oleh mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini merupakan bentuk kegiatan pembelajaran ketika terjun langsung kepada masyarakat, kegiatan PMM tersebut merupakan kegiatan pengganti dari Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Kelompok PMM binaan Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Lintang Satiti Mahabella , ST.,MT. Merupakan langkah dalam mengatasi permasalahan dalam menumbuhkan budaya literasi terkhusus pada anak-anak yang sebagai generasi penerus bangsa.

Kelompok 21 gelombang 5 yang dilaksanakan di Dusun Sekarputih, Desa Pendem, Batu kali ini memiki suatu progam kegiatan yang di dalamnya memiliki tujuan yaitu menumbuhkan juga meningkatkan budaya literasi pada anak-anak. Dimana kegiatan tersebut yaitu membangun perpustakaan mini yang ada di dalam rumah warga dusun sekarputih yaitu bapak mussafaq, tempat dipilih karena juga menjadi tempat kegiatan TPQ oleh setiap harinya.

Hal tersebut merupakan refleksi mengingat masyarakat kita masih rendahnya dalam minat literasi, diharapkan dalam pembangunan dan renovasi perpustakaan mini tersebut mampu menumbuhkan minat baca pada anak dan juga yang tak kalah penting adalah menjadikan tempat tersebut menjadi nyaman untuk belajar. Sehingga meskipun dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini dan sekolah yang masih menggunakan sistem daring anak-anak akan terus tetap belajar dan membaca dengan kondisi nyaman.

Buku yang kami sediakan pun sangat bermacam mulai dari cerita pendek bergambar, majalah, dan juga ensiklopedia yang mana buku tersebut akan membuat anak-anak untuk terus memiliki wawasan yang luas. Besar harapan kamiĀ  dengan adanya perpustakaan mini ini mampu menumbuhkan minat baca bagi anak-anak meskipun dengan kondisi pandemi seperti saat ini, dan semoga anak-anak mampu menjadi generasi penerus bangsa yang memiliki keintelektualan yang tinggi.

Penulis: PMM UMM Kelompok 21 Gelombang 5