Uri-uri Tradisi Pesantren, PKS Malang Raya Adakan Lomba Baca Kitab Kuning

Foto: Pengumuman pemenang Lomba Baca Kitab Kuning yang digelar PKS. (ist)

BACAMALANG.COM – Guna menguri-uri tradisi pesantren, PKS se-Malang Raya mengadakan Lomba Baca Kitab Kuning (LBKK). Kegiatan yang telah memasuki tahun kelima ini, diselenggarakan secara hybrid dari Kantor DPD PKS Kabupaten Malang, di Jalan Kapiminda Raya.

Ketua Panitia yang juga Ketua Bidang Pembinaan Umat DPD PKS Kota Malang Taufiq Ibadi mengatakan, DPD PKS se-Malang Raya yang terdiri dari DPD PKS Kota Malang PKS Kota Batu dan DPD PKS Kabupaten Malang. “Alhamdulillaah, lomba yang diikuti oleh 71 peserta ini sukses diadakan pada Sabtu  27 November 2021 kemarin,” ungkapnya, Minggu (28/11/2021).

Kegiatan ini, lanjut dia, dilakukan berjenjang dari Malang Raya, Provinsi Jawa Timur hingga di Fraksi PKS DPR RI Jakarta. Pemenang dari LBKK ini yakni, Juara 3 : Muhammad Yusron dengan nilai 1.065 (PP. Assalam Gondanglegi Kabupaten Malang) ; Juara 2 : Mukhlas Zakaria nilai 1.069 (alumni PP Sidogiri, Pengajar PP. Darul Mukhlisin Kota Malang) ; Juara 1 : Jamaluddin dengan nilai 1.082 (PP. Mambaul Ulum Jabung Kabupaten Malang).

“Hadiah utama di tingkat pusat, total uang tunai Rp 75 juta dan hadiah utama umroh ke tanah suci. Sementara di tingkat Malang Raya, Hadiah yang diperebutkan total Rp 4,5 juta.

Ketua Badan Pembinaan Daerah (BPD) Malang Raya, Syaiful Rosyid, SE menambahkan, kegiatan LBKK kali ini membedah kitab Fathul Mu’in karya Syaikh Zainuddin Abdul Aziz Al-Malibary yang umum menjadi rujukan di pesantren-pesantren di Indonesia.

“Kami ingin memberikan apresiasi kepada generasi muda pesantren untuk mempelajari Kitab Kuning Fathul Mu’in sebagai rujukan keilmuan klasik yang masih sangat relevan dengan kondisi kita saat ini. Ini merupakan Kerjasama antara Fraksi PKS di DPR RI dengan Fraksi PKS di tingkat Provinsi maupun Kota Kabupaten, ” terangnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur Dwi Hari Cahyono, MAP yang membuka kegiatan ini memaparkan, LBKK ini merupakan bentuk konsistensi Fraksi PKS dalam mensyiarkan khasanah keilmuan pesantren.

“Kegiatan ini sejalan dengan garis perjuangan Fraksi PKS yang memperjuangkan kerakyatan, keumatan, dan pengokohan Nasionalisme Indonesia. Dalam wilayah keummatan, Fraksi PKS di DPR RI bersama-sama Fraksi lainnya telah berhasil mengesahkan Undang-Undang Pesantren. Ini adalah bentuk penghormatan kepada pesantren, ulama, dan santri yang begitu besar kontribusinya bagi bangsa dan negara sejak masa perjuangan kemerdekaan,” urai Dwi.

Untuk diketahui, petinggi PKS di Malang Raya yang hadir dalam kegiatan diantaranya, Ketua DPD PKS Kota Malang Ernanto Djoko Purnomo, Ketua DPD PKS Kota Batu Ady Sayoga, Ketua DPD PKS Kabupaten Malang Erfan Dwi Prasetyo serta sejumlah Anggota DPRD di Malang Raya di antaranya Trio Agus Purwono dari Fraksi PKS DPRD Kota Malang dan Ludi Tanarto dari Fraksi PKS DPRD Kota Batu. (*/had)