Vaksin PMK Telah Didistribusikan, Kapolres Malang Terjunkan Personil Kawal Vaksinasi

Distribusi vaksin PMK.(ist)

BACAMALANG.COM – Vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) telah didistribusikan, dan sehubungan dengan hal tersebut Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat, menerjunkan personil melakukan pengawalan vaksinasi.

“Polsek yang wilayahnya akan dilakukan vaksin agar melakukan pengamanan terkait dengan kegiatan vaksinasi dan melaporkan hasilnya,” tegas Kapolres Malang, AKBP Ferli Hidayat, baru-baru ini.

Untuk diketahui Kabupaten Malang menerima jatah vaksin Penyakit Mulut dan Kuku untuk hewan ternak sejumlah 57.500 dosis yang telah disalurkan ke sejumlah koperasi menaungi para peternak.

Vaksin diberikan kepada Kemitraan Greenfields Jabung sejumlah 1.300 dosis, Koperasi SAE Pujon sejumlah 18.000 dosis, KAN Jabung sejumlah 12.000 dosis, Maju Mapan sejunlah 900 dosis, Teguh Mandiri Jabung sejumlah 1.100 dosis dan KUD Tani Luhur Kasembon sejumlah 2.400 dosis.

Kemudian kepada Sami Mandiri Kasembon sejumlah 2.100 dosis, KUD Karangploso sejumlah 1.400 dosis, KUD Sumber makmur Ngantang sejumlah 14.000 dosis, KUD Gondanglegi sejumlah 600 dosis, KPSP Sidodadi Poncokusumo sejumlah 1.300 dosis, CV Amanah Tumpang sejumlah 900 dosis dan UD Sumber Abadi Jabung sejumlah 1.500 dosis. “Vaksin tersebut telah diterima dan disimpan di tempat KUD masing-masing,” imbuhnya.

Ferli menegaskan pihaknya menerjunkan personel untuk mengamankan jalannya penyuntikan vaksin PMK kepada hewan ternak.

Sekilas info, ada delapan koperasi di wilayah hukum Polres Malang yang akan melakukan penyuntikan vaksin, meliputi: Kemitraan Greenfields Ngajum, KAN Jabung, Kelompok Teguh Mandiri Jabung, KUD Karangploso, KUD Gondanglegi, KPSP Sidodadi Poncokusumo, CV Amanah Tumpang dan UD Sumber Abadi Jabung. Sedangkan koperasi lainnya berada di wilayah hukum Polres Batu.

Informasi sebelumnya, ribuan dosis vaksin PMK ini diserahkan oleh Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur kepada Satgas Penanganan PMK Kabupaten Malang pada Jumat 24 Juni 2022 kemarin. Penyerahan dilakukan di Kantor Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur Surabaya.(*/had)