Vaksin Tahap Kedua Tiba, Mentan Berharap Vaksinasi Lancar

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo saat sidak kedatangan vaksin tahap kedua. (ist)

BACAMALANG.COM – Tahap kedua vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) telah tiba. Untuk itu Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo berharap percepatan vaksinasi ini dapat berjalan lancar.

“Saya memantau langsung kedatangan vaksin untuk tahap kedua di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, pada Jumat dini hari tadi,” tandas Menteri Yasin, sapaan akrabnya, Jumat (17/6/2022).

Berikutnya, vaksin sebanyak 800 ribu dosis tersebut langsung didistribusikan melalui pemerintah daerah dan posko darurat PMK pada zona merah dan kuning. “Saya berharap gugus tugas dan crisis center yang ada di Kabupaten atau Provinsi dapat mempersiapkan diri untuk segera melakukan penyuntikan vaksin secepatnya,” urainya.

Kementerian Pertanian akan terus melakukan percepatan vaksinasi. “Yang pasti Kita akan maksimalkan untuk pesan 3 juta vaksin darurat, dan mempercepat produksi vaksin dalam negeri yang akan rampung Agustus mendatang,” paparnya.

Ia berharap vaksinasi lancar. “Harapannya, nanti semua hewan ternak bisa tervaksin semuanya, sebagaimana Kita lalui pandemi Covid-19 lalu. Saya akan bekerja sekuat-kuatnya, dan mengerahkan segala kebijakan untuk mengendalikan PMK ini. Semoga Kita bisa selesaikan wabah ini dengan baik,” pungkasnya. (*/had)