Vaksinasi Dosis 2, RS Refa Husada Bersinergi dengan Pemkot

Foto: ilustrasi vaksinasi. (ist)

BACAMALANG.COM – Untuk penyelenggaraan vaksinasi dosis 2, RSIA (Rumah Sakit Ibu dan Anak) Refa Husada menjalin sinergi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang menuju terciptanya kekebalan komunal.

“Pelaksanaan vaksinasi kali ini berbeda dengan yang pertama, pelaksanaannya disebar ke Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang siap, RSIA Refa Husada juga termasuk dalam faskes itu,” ucap Direktur RSIA Refa Husada, Nunung Indriastutik, Minggu (5/9/2021).

Seperti diketahui, untuk mendukung percepatan pencapaian Herd Immunity, Rumah Sakit Ibu dan Anak Refa Husada bersama Dinas Kesehatan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang, kembali menggelar vaksinasi massal Dosis 2.

Nunung Indriastutik mengatakan, kegiatan vaksinasi Covid-19 dosis kedua ini diperuntukkan bagi masyarakat yang sudah mengikuti vaksinasi dosis pertama di Stadion Gajayana pada beberapa waktu lalu.

Nunung menjelaskan, gelaran vaksinasi ini akan digelar pada Senin (6/9) besok, yang akan disebar di beberapa faskes yang ada di Kota Malang, dengan beberapa sesi.

“Untuk vaksinnya jenis sinovac, ada beberapa sesi, sesi 1: jam 12.00, sesi 2: jam 13.00, sesi 3: jam 14.00, sesi 4: jam 15.00 sesi 5: jam 16.00. Dimulai besok (Senin 6/9/2021) sampai habis,” jelasnya.

Dalam pelaksanaan vaksinasi dosis kedua ini, lanjut Nunung, untuk pendaftarannya dilakukan dengan dua sistem, yakni secara online dan offline.

Untuk online, masyarakat bisa mengakses layanan calon peserta dan melakukan registrasi ulang pada laman www.vaksinasi.ma langkota.go.id/

“Kalau offline saat dosis 1 maka dilanjut offline juga. Minggu ini masih melayani online saja, ini dilakukan untuk meminimalisir adanya kerumunan massa,” terangnya.

Sebagai informasi, bagi masyarakat yang menginginkan mendaftar secara online dengan alur layanan secara ringkas adalah sebagai berikut :

  1. Buka link vaksinasi.malangkota.go.id, setelah itu klik tombol daftar vaksinasi;
  2. Pilih faskes yang tersedia, berisi informasi mengenai kuota vaksin;
  3. Klik daftar di faskes yang ingin dipilih;
  4. Ketik NIK (khusus pendaftar vaksin dosis 1 di gajayana) klik Cari data;
  5. Setelah NIK ditemukan, akan terlihat tampilan detail biodata peserta;
  6. Pilih jadwal yang tersedia di faskes yg dipilih dengan cara klik pilih tanggal;
  7. Pilih sesi dengan cara klik pilih jam;
  8. Upload sertifikat/kartu vaksin 1 dengan cara klik upload file;
  9. Klik daftar.(*/had)