Vaksinasi, Langkah Persiapan Transisi Pandemi Menuju Endemi

Masyarakat mengikuti serbuan vaksin di Lanud Iswahjudi, Kamis (16/9/2021). (ist)

BACAMALANG.COM – Lanud Iswahjudi melalui RSAU dr. Efram Harsana (RSEH) terus gencarkan serbuan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat Magetan dan sekitarnya.

Vaksinasi kali ini kembali menargetkan 600 dosis vaksin Sinovac untuk diberikan kepada masyarakat, dan melibatkan 18 vaksinator tenaga kesehatan RSEH,  Kamis (16/9/21).

Ka RSEH Kolonel Kes dr. Tjatur Budi W menjelaskan, serbuan vaksinasi ini merupakan salah satu langkah persiapan mengahadapi transisi pandemi Covid-19 menjadi endemi.

“Hal ini sejalan dengan apa yang disampaikan Presiden Ir. H. Joko Widodo, yakni Covid 19 ini tidak mungkin hilang dan kita semua harus bersiap menghadapi transisi dari Pandemi covid-19 ke endemic dan mulai belajar hidup berdampingan dengan Covid-19,” tambahnya.

Dokter Tjatur kembali menegaskan, transisi status pandemi Covid-19 menjadi endemi semua tergantung dari masyarakat, karena kunci yang paling utama dalam hal ini adalah kesadaran masyarakat, terutama dalam mematuhi protokol kesehatan.

“Antara lain patuh menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas,” tandasnya. (ned/lis)