Vaksinasi Lansia, IKA Unair Sidoarjo Jemput Bola dan Door to Door

Caption : Vaksinasi lansia di Sidoarjo. (ist)

BACAMALANG.COM – Jalankan vaksinasi lansia, IKA (Ikatan Alumni) Universitas Airlangga Cabang Sidoarjo, Jawa Timur, melakukan kombinasi jemput bola dan door to door melibatkan sejumlah pihak, Jum’at (12/11/2021).

Puluhan lansia yang berada di Desa Sambibulu, Kecamatan Taman, Sidoarjo mengikuti program bertajuk IKA Unair Jelajah Kampung dan Pesisir.

Program vaksinasi kali ini memang lain daripada yang lain. Jika biasanya peserta datang ke lokasi vaksin, kali ini tidak. Peserta dijemput lalu diantar ke lokasi vaksin, yakni di Balai Desa Sambibulu.

Setelah divaksin, kemudian peserta lansia diantar kembali ke rumahnya. Ada pula yang divaksin di rumahnya alias door to door.

“Kami memang melakukan pendekatan berbeda agar lansia mau divaksin. Untuk itu, perlu kerjasama beberapa pihak,” ungkap Koordinator Lapangan Vaksinasi IKA Unair Sidoarjo Lidya Sari.

Dukungan beberapa pihak diantaranya adalah perangkat Desa Sambibulu, bidan desa, kader kesehatan, maupun Babinsa. Selain itu, kegiatan vaksinasi ini didukung oleh YAPPIKA, Palu Gede, dan Puskesmas Trosobo.

Puluhan lansia akhirnya bersedia untuk divaksin. Untuk mendukung kegiatan ini, beberapa mobil dikerahkan. Termasuk mobil operasional desa setempat.

“Alhamdulillah, tidak sakit kok,” ungkap
Warga Dusun- Desa Sambibulu, Supinah, (76).

Semula, dia sempat menolak untuk divaksin. Namun dengan pendekatan berbagai pihak, akhirnya dia bersedia. Alasannya tak mau divaksin saat itu karena dia sudah tua dan tak kemana-mana.

Sementara, Kasi Pemerintahan Desa Sambibulu Qurota Ayunin mengatakan, Pemerintah Desa Sambibulu telah bekerja sama dengan Puskesmas Trosobo sekitar delapan kali melakukan vaksinasi Covid-19.

“Dulu, awal-awalnya para lansia khususnya, takut divaksin. Namun dengan banyaknya sosialisasi sudah banyak yang bersedia divaksin,” jelas wanita yang kerap dipanggil Ayun ini. (*/had)