Vaksinasi Massal Tahap 2 di Oro-oro Ombo, Sasar 12 Ribu Warga

Wiweko, Kades Oro-oro Ombo, saat meninjau pelaksanaan vaksinasi massal tahap ke 2. (Eko)

BACAMALANG.COM – Guna mewujudkan kekebalan komunal atau Herd Imunity dan mendukung program pemerintah, Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Batu melalui Puskesmas Batu menggelar kegiatan vaksinasi massal yang ke-2 di Balaidesa Oro-oro Ombo, Jalan Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu, Senin (4/10/2021).

Kepala Puskesmas Batu dr. Kartini menjelaskan, bahwa data yang tercatat saat ini di Puskesmas Batu warga Desa Oro-oro Ombo yang sudah melaksanakan vaksin mencapai 73 persen.

“Untuk singkronisasi data yang tercatat baik di Puskesmas Batu maupun data dari pihak desa dikumpulkan, sehingga akan di ketahui nantinya jumlah warga yang belum tervaksin,” terang dr. Kartini.

Dirinya menambahkan, untuk pendataan warga yang sudah vaksin maupun yang belum, bakal melibatkan pihak desa melalui dasa wisma.

“Nantinya juga melibatkan ibu-ibu PKK di tingkat RT/RW, karena mencakup keseluruhan dasa wisma di desa-desa termasuk Desa Oro-oro Ombo ini,” imbuh dia.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Oro-oro Ombo Wiweko saat meninjau pelaksanaan vaksinasi menyampaikan, bahwa saat ini dilaksanakan vaksinasi jenis sinovac bagi 12.000 total warga Desa Oro-oro Ombo. 

“Jadi memang sesuai target pelaksanaan vaksinasi pada 4 Oktober pada hari ini, adalah merupakan pelaksanaan vaksinasi tahap 2 yang pertama,” kata Wiweko.

Hingga saat ini, lanjut Wiweko, dari warga Desa Oro-oro Ombo yang berjumlah sekitar 474 orang, sudah melaksanakan vaksin.

“Total rencana yang di vaksin sebenarnya  9.733 dari 12.000 warga kami, namun yang belum di vaksin sekitar 2.666 itu meliputi dari umur 12 tahun ke atas hingga lansia sudah 73 persen,” ungkapnya.

Pemerintah Desa Oro-oro Ombo, masih kata Wiweko berharap kepada seluruh warga, untuk bisa melaksanakan vaksinasi massal walaupun di tempat lain.

“Dari jumlah yang tercatat masih bisa bertambah dengan vaksinasi. Jadi ada warga Desa Oro-oro Ombo yang mengikuti vaksinasi di tempat lain melalui pendaftaran online, seperti mengikuti vaksinasi di Rumah Sakit Baptis, Rumah Sakit dr. Ety Asharto, Rumah Sakit Hasta Brata, dan Polres Batu, Kesdam V Brawijaya, Jatim Park, Hotel Kusuma Agrowisata, Universitas Brawijaya Malang, PDI Perjuangan, dan Partai Golkar,” tandasnya. (Eko)