Vaksinasi Warga Beji, Kades: Sudah Mencapai 75 Persen

Kepala Desa Beji, Deny Cahyono, saat meninjau pelaksanaan jalannya vaksinasi massal. (Eko)

BACAMALANG.COM – Guna mewujudkan kekebalan komunal atau Herd Imunity, dan mendukung program pemerintah, Polres Batu, menggelar kegiatan vaksinasi massal yang pertama di Balaidesa Beji, Jalan Ir. Soekarno, No.73, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Pelaksanaan vaksinasi massal tahap 1 ini untuk meminimalisir angka penyebaran Covid-19 dengan menggunakan vaksin jenis Sinovac tersebut, bagi jumlah total penduduk 8.553 warga di Desa Beji, yang dilaksanakan pada Senin (4/10/2021).

Kepala Desa Beji Deny Cahyono menjelaskan, bahwa data yang tercatat saat ini di Desa yang sudah melaksanakan vaksin mencapai 70 sampai 75 persen.

“Untuk singkronisasi data yang tercatat baik dari pihak desa dikumpulkan, sehingga akan diketahui nantinya jumlah warga yang belum tervaksin,” terang Deny kepada awak media.

Dirinya menambahkan, untuk pendataan warga yang sudah vaksin maupun yang belum, bakal melibatkan pihak Puskesmas Beji.

“Agar lebih tepat dan akurat di dalam pelaksanaannya tentunya, jadi tidak melibatkan pihak RT/RW,” imbuh dia.

Pada saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Deny juga menyampaikan, bahwa saat ini dilaksanakan vaksinasi tahap 1 bagi 8.553 total warga Desa Beji. 

“Jadi memang sesuai target pelaksanaan vaksinasi pada 4 Oktober pada hari ini, adalah merupakan pelaksanaan vaksinasi tahap 1 yang pertama,” kata Deny.

Hingga saat ini, lanjut Deny, dari warga Desa Beji sekitar 70 sampai 75 persen, sudah melaksanakan vaksin.

“Total rencana warga Desa Beji yang di vaksin sebenarnya 7.600 dari warga kami, namun yang belum di vaksin sekitar 1.800  itu meliputi dari umur 12 tahun ke atas hingga lansia,” ungkapnya.

Pemerintah Desa Beji, masih kata Deny berharap kepada seluruh warga, untuk bisa melaksanakan vaksinasi massal walaupun di tempat lain. Dan juga bakal melaksanakan vaksinasi lanjutan dengan mengandeng pihak Puskesmas Beji, untuk mengoptimalkan warga yang belum vaksin.

“Dari jumlah yang tercatat masih bisa bertambah dengan vaksinasi. Jadi ada warga Desa Beji yang mengikuti vaksinasi di tempat lain melalui pendaftaran online, sampai warga datang ke lokasi dengan cukup membawa foto copy KTP saja ke Puskesmas Beji, Mapolres Batu dan Jawa Timur Park 3,” pungkasnya. (Eko)