Viral Video Buang Sesajen, Bupati Lumajang Minta Pelaku Ditangkap

Bupati Lumajang Thoriqul Haq. (ist)

BACAMALANG.COM – Belum lupa ingatan Kita akan kasus bang iOne yang telah melakukan pengolokan terhadap relawan, meskipun telah melakukan klarifikasi dan membuat surat pernyataan.

Peristiwa yang mengusik konsentrasi penanganan bencana Semeru kembali terjadi karena baru-baru ini viral video seseorang melakukan pembuangan sesajen di sekitar lokasi bencana Gunung Semeru yang memicu amarah netizen dan akhirnya mendapat respon tegas Bupati Lumajang.

“Saya minta untuk segera dicari dan minta klarifikasi agar tidak mengganggu Kami di Kabupaten Lumajang yang sekarang damai dengan seluruh keberagamaan hidup berdampingan selama ini,” tegas Bupati Lumajang Thoriqul Haq, Minggu (9/1/2022).

Ia meminta hal ini tidak berlarut-larut dan hingga sekarang belum diketemukan pelaku pembuangan sesaji tersebut. “Saya ingin agar tidak berlarut-larut dan segera melakukan pemahaman kembali terhadap seluruh relawan. Ya sampai sekarang belum ketemu saya minta segera ketemu,” urainya.

Ia merasa kecewa dan menilai hal tersebut melanggar tata nilai yang berlalu. “Saya pastikan bukan orang Lumajang dan ini orang yang datang dari luar apapun motifnya datang, menjadi bagian dari relawan tentunya saya kecewa dengan hal itu karena melanggar tata nilai yang saat ini Kami hidup berdampingan seluruh agama dan suku yang ada di kabupaten Lumajang,” ungkapnya.

Diketahui, viral di media sosial, sebuah video pelaku yang mengenakan sarung dan penutup kepala membuang, bahkan menendang sesajen di wilayah Pronojiwo.

Pria dalam video itu menyebut kalau sesajen tersebut justru yang membuat Allah murka. Selanjutnya ia membuang dan menendang dua nampan sesajen masuk ke dalam jurang. (*/had)