Wacana Beli Solar Subsidi dengan QR Code Dikeluhkan Masyarakat

ist

BACAMALANG.COM – Wacana pembelian solar bersubsidi dengan quick response code (QR Code) dikeluhkan sejumlah warga Malang. Seperti diketahui, PT Pertamina Patra Niaga akan melakukan perluasan penerapan implementasi secara menyeluruh (full cycle) Program Subsidi Tepat untuk pembelian Jenis BBM Tertentu (JBT).

“Beli solar tambah ruwet Mas. Misal beli solar sekarang, ya enggak bisa sekarang. Sekarang juga dibatasi pembeliannya,” ujar Muhammad Faris  kepada BacaMalang, Kamis (20/1/2023).

Ia pun mengaku sudah mendaftar aplikasi My Pertamina. Namun, tidak semua Stasiun Pengisi Bahan Bakar Umum menyediakan solar. “Kondisi sekarang sangat berbeda dengan kondisi saat harga solar masih Rp 7 ribu,” tandasnya.

Sementara itu pemilik usaha rental mobil, Roni Red mengakui satu unit mobilnya masih menggunakan solar yaitu Innova Hiace. Karena mendapatkan solar sudah sulit, dia mendaftarkan diri di aplikasi My Pertamina

“Kalau dari kami, dengan QR code gak malah tapi jangan dibatasi,” jelasnya.

Untuk diketahui, bagi warga yang belum terdaftar bisa mengakses Program Subsidi Tepat lewat situs subsiditepat.mypertamina.id. Kode QR akan diterima lewat email atau notifikasi di situs tersebut jika sudah terdaftar. Kemudian bisa dicetak atau menangkap tampilannya untuk digunakan di SPBU Pertamina.

Pelanggan yang sudah terdaftar bisa langsung scan barcode untuk membeli Biosolar saat pelaksanaan uji coba full cycle. Pengisian Solar Subsidi dibatasi 60 liter per hari per kendaraan perseorangan (pribadi) roda 4.

Kendaraan penumpang atau barang roda 4 maksimal membeli Biosolar 80 liter per hari. Pembelian paling banyak adalah 200 liter per hari untuk kendaraan penumpang atau barang roda 6 dan selebihnya. Aturan ini mengacu pada SK BPH Migas No. 04 tahun 2020. Mekanisme ini masih dikhususkan untuk kendaraan roda 4 atau lebih.

Saat ini, pendaftaran Program Subsidi Tepat masih terus dibuka. Konsumen perlu menyiapkan dokumen yang nantinya akan diupload melalui website yaitu Foto KTP, Foto Diri, Foto STNK (tampak depan dan belakang), Foto Kendaraan tampak keseluruhan, Foto Kendaraan tampak depan Nomor Polisi dan foto KIR bagi kendaraan pengguna KIR. (yog)