Wadahi Siswa Nge-game Positif, Digelar Kompetisi Piala Pelajar CB E-Sport

Caption : Kompetisi Piala Pelajar CB E-Sport. (ist)

BACAMALANG.COM – Pelajar sekolah menengah pertama (SMP) selain belajar dengan materi baku yang ada juga bisa mengasah bakat minat di bidang game online.

Kepala Sekolah SMK Cendika Bangsa Kabupaten Malang, Abdullah Mutik mengatakan pihaknya memberi ruang untuk pengembangan talenta di bidang ini pada siswa-siswi.

“SMK Cendika Bangsa mengawali Piala E-Sport pelajar di Malang Raya,” jelasnya.

Lebih lanjut, ke depan menurutnya, SMK Cendika Bangsa akan menjadikan E-Sport sebagai ekstra kurikuler (ekskul) resmi sekolah. Hal tersebut dilakukan agar SMK Cendika Bangsa memiliki wadah siswa yang punya potensi di bidang game berbasis gadget khususnya di Kabupaten Malang.

Sekilas informasi, SMK Cendika Bangsa Kepanjen menggelar Piala Elektronik Sport (E-Sport) pada Sabtu (27//3/2021)siang, di Gedung SMK Cendika Bangsa, Jalan Mojosari no 2, Kepanjen Kabupaten Malang.

Rangkaian kompetisi ini diawali sekitar seminggu sebelumnya melalui babak penyisihan, hingga terpilih 8 klub yang masuk pada babak semifinal. Piala e-sport Pelajar ini menggunakan sistem gugur dengan satu cabang olahraga baru yakni Mobile Legend.

“Selanjutnya, kami akan menjadikan e-sport sebagai ekskul resmi sekolah,” terangnya.

Selain sebagai wadah, dijelaskan bahwa ekskul tersebut juga akan menjadi kawah candradimuka untuk calon atlet. Ekskul tersebut akan menjadi wadah pembinaan bagi siswa sampai dengan profesional.

”Tugasnya, membina siswa yang berpotensi di cabang olahraga baru ini,” tukasnya.

Event Bergengsi

Sementara itu, Ketua E-Sport Kabupaten Malang, Rudi Santoso mengapresiasi SMK Cendika Bangsa sebagai pionir yang mengawali piala E-Sport di Kabupaten Malang. Ia menegaskan kesiapan mendampingi E-Sport di SMK Cendika Bangsa, umumnya Malang Raya. Disebutkan Rudi, ada even terdekat yakni Piala Menpora dengan total hadiah senilai Rp 200 juta.

“Kami siap mendampingi piala Menpora dengan hadiah sebesar Rp 200 juta yang akan digelar dalam waktu dekat,” tukasnya. (*/had)