Warga Majang Tengah Senang, Rumah Diperbaiki Yonko 464/Paskhas dan Relawan

Caption : Rumah warga Majang Tengah mulai diperbaiki. (ist)

BACAMALANG.COM – Warga Dusun Majang Tengah Warak, Desa Majang Tengah, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang terdampak gempa bumi merasa senang. Hal ini karena hari ini rumah mulai diperbaiki Yonko 464/Paskhas Abdurrahman Saleh bersama sejumlah relawan.

“Kami merasa senang rumah diperbaiki. Kami sampaikan untuk bantuan kebanyakan dari donatur kenalan-kenalan kita sendiri,” ujar salah satu anggota Karang Taruna Perak, Desa Majang Tengah, Agus Sutrisno.

Ia mengatakan bahwa selama sepekan pasca terjadi gempa bumi, semua bantuan yang datang dari dermawan swasta.

Sementara untuk bantuan dari pemerintah daerah menurut Agus memang belum ada, baik logistik makanan maupun kebutuhan untuk perbaikan rumah. “Kalau kebutuhan makan, kita disupply oleh dapur umum PMI Kabupaten Malang,” paparnya.

Sinergi Yonko 464/Paskhas dan Relawan

Sekilas informasi, sejumlah pasukan Batalyon Komando 464/Nanggala (Yonko 464/Paskhas) Abdurrahman Saleh bersama sejumlah relawan hari ini, Jum’at (16/4/2021) mulai melakukan perbaikan rumah warga yang terdampak gempa bumi 6,1 Magnitudo, Sabtu (16/4/2021) lalu, di Dusun Majang Tengah Warak, Desa Majang Tengah, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang.

Tampak mereka menambal tembok rumah warga yang mengalami retak-retak. Diketahui, jumlah rumah yang mengalami keretakan di Dusun Majang Tengah Warak sendiri sekitar mencapai 314 rumah.

Sedangkan rumah yang mengalami rusak berat hingga ambruk sebanyak 62 rumah. “Estimasi penambalan ini estimasinya sebanyak 15 rumah per hari,” ungkap Komandan Peleton Yonko 464/Paskhas di Dusun Majang Tengah Warak, Serka Antonius Lidi.

Sementara logistik untuk kebutuhan penambalan rumah warga tersebut, seperti semen dan pasir menurut Antonius semuanya dari donatur swasta alias non pemerintah. “Bantuan itu ada yang dari relawan sekitar dan juga dari salah satu pengusaha bangunan di kawasan ini,” tuturnya. (*/had)