Warga Perumahan Bumi Banjararum Tuntut PSU Diserahkan ke Pemkab Malang

Gerbang masuk Perumahan Bumi Banjararum Singosari (ist)

BACAMALANG.COM – Sejumlah warga yang berdomisili di Perumahan Bumi Banjararum View, Estate, dan Asri, Kecamatan Singosari menuntut pengembang segera menyerahkan prasarana sarana dan utilitas umum atau PSU kepada Pemerintah Kabupaten Malang.

Dituturkan Ketua RW 11 Perumahan Bumi Banjararum Asri, Eko, bahwa sejak dimulai pembangunannya pada 1995 lalu, PSU kawasan perumahan tersebut belum diserahkan kepada pemerintah daerah.

“Saya dapat informasi dari Pemdes seperti Perumahan Mondoroko, Griya Nagari dan Chandra Kirana itu sudah diserahkan ke Pemkab Malang, tapi kenapa Bumi Banjararum Asri sampai saat ini belum diserahkan. Sekarang kondisi jalan di dalam perumahan rusak parah karena musim hujan. Kondisi seperti ini tanggung jawab siapa, karena belum diserahkan ke pemerintah,” ucap Eko, Jumat (19/3/2021).

Eko menambahkan, warga sudah pernah menanyakan perihal PSU itu kepada pengembang. Namun, pengembang berkelit masih ada pekerjaan yang belum tuntas, sehingga PSU urung diserahkan ke pemerintah daerah.

Alasan pengembang nyatanya berbanding terbalik dengan kondisi di lapangan. Tidak ada pekerjaan apapun yang berjalan di kawasan pemukiman itu.

Sebagai informasi, berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 14 tahun 2016 tentang penyelenggaraan perumahan dan kawasan permukiman pasal 23 poin 3, PSU yang telah selesai dibangun oleh setiap orang harus diserahkan kepada pemerintah kabupaten/kota sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Diketahui, Perumahan Banjararum Asri, Estate dan View bagian dari program pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR. Informasi yang dihimpun, proyek perumahan tersebut dikerjakan oleh Koperasi Karyawan Sehat Sejahtera. (mid/red)