Warga Turen Ini Ditipu dan Diperas, Uang 7,5 Juta Raib

Tersangka saat diamankan di Polsek Turen (ist)

BACAMALANG.COM – Unit Reskrim Polsek Turen mengamankan Adi Rianto (41) warga Jalan Pegadaian Kelurahan/Kecamatan Turen. Adi diamankan polisi lantaran melakukan tindak pidana pemerasan dan penipuan.

Adapun korbannya yaitu Andik Wibisono (29) warga Jalan Ahmad Yani Kelurahan/Kecamatan Turen. Tersangka Adi ditangkap pada Minggu (9/2/2020).

Kanit Reskrim Polsek Turen, Iptu Soleh Mas’udi menjelaskan, modus tersangka Adi adalah dengan menyampaikan cerita bohong kepada Andik, bahwa Andik bakal ditangkap polisi lantaran menjadi pengedar narkoba.

“Pada 19 Oktober 2019, tersangka datang ke rumah korban dan mengatakan bahwa saudara Andik ini akan ditangkap oleh seseorang yang bernama Lukman yang dinas di Satuan Narkoba dalam perkara mengedarkan narkoba. Kemudian tersangka meminta uang sebesar Rp 7,5 juta dengan alasan untuk uang damai,” kata Soleh, Selasa (11/2/2020).

Korban mau-mau saja dikibuli tersangka lantaran merasa takut. Korban kemudian menyerahkan uang yang diminta oleh tersangka.

“Karena takut, korban menyerahkan uang kepada tersangka,” imbuhnya.

Tidak lama setelah itu, korban sadar. Dia merasa telah ditipu dan diperas oleh tersangka.

“Korban kemudian melaporkan perkara tersebut ke Polsek Turen,” jelas Soleh.

Selain menangkap tersangka, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti. Diantaranya, dua buku tabungan bank BRI atas nama Lely Hidayati, sebuah kartu ATM BRI, dan sebuah bukti transfer uang ke rekening BRI atas nama Lely Hidayati. (mid/yog)