Webinar Edukasi, Satgas COVID IKA UB Hadirkan Narasumber dari Relawan

Caption : Webinar edukasi Satgas COVID IKA UB. (dok pribadi)

BACAMALANG.COM – Satgas COVID IKA (Ikatan Alumni) UB (Universitas Brawijaya) Malang memberikan edukasi, dengan menghadirkan narasumber dari para Relawan.

“Kami dari Satgas IKA UB stand by 24 jam untuk menangani alumni UB, keluarga besar UB dan juga masyarakat sekitar yang sedang terpapar Covid-19,” ujar Ketua Satgas Covid IKA UB Ahmad Syauqi.

Sekilas info, Ikatan Alumni Universitas Brawijaya (IKA UB) melakukan sosialisasi program dan kegiatan satgas COVID melalui webinar.

Kegiatan bertajuk menyatukan daya melarung wabah: kegiatan kemanusiaan IKA UB untuk pandemi COVID-19 menghadirkan pembicara-pembicara yang termasuk pada relawan satgas COVID baik dari area Malang Raya maupun Jabodetabek dan juga tim telekonsultasi medis alumni FK UB.

Ahmad Syauqi sebagai ketua Satgas Covid IKA UB memaparkan gambaran seluruh kegiatan yang dilaksanakan oleh IKA UB selama pandemi ini.

Penyediaan karantina sehat sebanyak 22 bed di Sitirejo dan 25 bed di Rusunawa Dieng yang berkolaborasi dengan Universitas Brawijaya.

Layanan logistik isoman di wilayah Malang Raya sejak awal Juli hingga saat ini hampir 100 KK yang sudah dibantu, hampir 50 alumni yang dibantu logistik di wilayah Jabodetabek.

Layanan telekonsultasi medis melalui https://appisoman.com, peminjaman tabung oksigen, hingga mendorong percepatan vaksinasi.

Disusul dengan pemaparan tata cara telekonsultasi medis hingga penangannnya untuk pasien isoman COVID-19 oleh dr. Rodhyan Rahmatiar, Sp.S.

“ Banyaknya informasi yang tidak benar menyebar di masyarakat terkait penanganan COVID-19 menjadikan telemedicine menjadi penting pada saat ini,” ujar dr. Rodhyan.

Pembicara selanjutnya, Reddy Eko Prasetyo, yang merupakan Founder Appisoman, menjelaskan terkait kinerja aplikasi tersebut dalam membantu pasien isoman.

“Appisoman ini merupakan 3 aplikasi yang dilebur menjadi satu yaitu appisoman, satgas UB dan nursecare apps,” terang Reddy.

Untuk sistem tracking penyebaran COVID secara medis dipaparkan oleh dr. Nuretha yang merupakan SATGAS COVID UB dan juga tim medis apps isoman.

Satgas IKA UB wilayah Jabodetabek yang diwakili oleh Dina F Husna menjelaskan program pengiriman bantuan logistik dan vaksinasi jabodetabek.

Bantuan logistik berupa makanan dan obat-obatan yang menyasar pada seluruh alumni isoman yang bertempat tinggal di wilayah Jabodetabek.

Untuk vaksinasi Jabodetabek periode 2-6 Agustus 2021 sudah sebanyak 2.329 orang dengan vaksin Sinovac yang bekerjasama dengan PDF dan EMT IDI.

Sejalan dengan program tersebut, Satgas IKA UB wilayah Malang Raya juga menjelaskan terkait program bantuan logistik isoman dan vaksinasi wilayah Malang Raya.

Syamsul Hadi, yang merupakan Wakil Ketua Satgas IKA UB wilayah Malang Raya menjelaskan bahwa vaksinasi yang diselenggarakan di Malang merupakan kegiatan gotong-royong dengan Universitas Brawijaya, Klinik UB, Polres Malang, Kodim Malang, MBLC, dan beberapa organisasi masyarakat Kabupaten Malang.

IKA UB mengajak seluruh pihak untuk berkontribusi dalam mengupayakan Indonesia Sembuh. Bagi masyarakat, alumni dan seluruh pihak yang berkenan untuk berdonasi, bisa disalurkan melalui Rekening BRI 180701000277563 a.n IKA UB PEDULI. Diharapkan semua pihak bergandengan tangan, gotong royong dan berkolaborasi untuk melawan COVID-19 bersama keluarga besar Ikatan Alumni Universitas Brawijaya. BERSAMA INDONESIA SEMBUH. (*/had)