Wisuda SMPN 2 Tumpang, Ini yang Diharapkan untuk Lulusan

Foto: Prosesi wisuda SMP 2 Tumpang. (ist)

BACAMALANG.COM – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Tumpang Kabupaten Malang tetap memggelar wisuda ditengah kondisi pandemi Covid-19. Namun wisuda yang dibagi dalam tiga sesi ini, tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dalam wisuda kali ini, SMPN 2 Tumpang mengangkat tema “Mewujudkan Generasi Milenial yang Berkarakter dan Berbudaya Nusantara Penuh Semangat di Tengah Pandemi Covid-19.

Muriadi, Kepala SMPN 2 Tumpang mengatakan, selama pandemi berjalan ini, pembelajaran dilakukan secara tatap muka dan daring. “Meskipun dalam pandemi Covid-19, tetapi semangat guru serta ridho Allah SWT, seluruh siswa akhirnya lulus semua,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, para lulusan nantinya bisa meneruskan sampai pendidikan jenjang SMA dan SMK karena itu sebagai pendidikan dasar. “Saya mewajibkan melanjutkan ke jenjang SMA, karena di Indonesia pendidikan dasarnya sampai 12 tahun. Dan pesan saya, jangan menikah terlebih dahulu,” ujarnya.

Ia menjelaskan, ada sebanyak 81 siswa dalam wisuda kali ini. Yang mana dibagi tiga sesi, setiap proses wisuda ada 27 siswa yang di wisuda untuk mematuhi aturan protokol kesehatan sesuai anjuran satgas covid 19.

Sementara itu, Ketua Komite SMPN 2 Tumpang, Sugeng Hartoyo menambahkan, semoga ilmu diterima anak-anak didik bermanfaat dan bisa melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi karena tingginya pendidikan bisa menaikkan drajat ekonomi generasi muda.

“Atas nama wali murid menyampaikan kepada bapak ibu pendidik, mungkin anak-anak kita selama dua tahun ini menggoda. Baik disengaja ataupun tidak disengaja, mohon kiranya untuk memaklumi dan bisa memaafkan,” terangnya.

Sedangkan Camat Tumpang Kamim mengapresiasi karena di tengah pandemi ini Kepala Sekolah beserta Dewan Komite bisa mengajarkan putra-putrinya, karena bagaimanapun juga ilmu sangat mahal dan pendidikan tatap muka bisa dilaksanakan secara tanggung jawab .

“Pendidikan karakter adalah modal kedisiplinan. Terbukti pembelajaran secara daring dilaksanakan dengan penuh kedisiplinan yang diberikan sekolah secara mandiri, dengan harapan ilmu yang bermanfaat baik di akhirat maupun di dunia menjadi sekolah yang berkualitas,” pungkasnya. (yon)