Wujudkan Desa Wisata Berkelanjutan, Asidewi Siap Bermitra dengan Perguruan Tinggi

Asidewi hadiri Pelantikan Rektor di Universitas Dr. Soetomo. (ist)

BACAMALANG.COM – Asosiasi Desa Wisata Indonesia (Asidewi) menjalankan kemitraan dan berkolaborasi dengan unsur pentahelix salah satunya perguruan tinggi (PT) demi terwujudnya desa wisata yang berkelanjutan di Indonesia.

Salah satunya dilakukan lewat Pemberian Apresiasi dan penyerahan buku Desa Wisata benteng NKRI karya Asidewi diterima oleh Rektor Universitas Dr. Soetomo Surabaya baru-baru ini.

Penyerahan ini disaksikan oleh Menko Polhukam Mahfud MD dan Gubernur Jatim khofifah Indar Parawansa dalam rangkaian acara Pelantikan dan serah terima jabatan Rektor dan Wakil Rektor Universitas Dr. Soetomo yang diadakan di auditorium kampus.

“Semoga bermanfaat dan Asidewi selalu siap bermitra dan berkolaborasi dengan unsur pentahelix salah satunya perguruan tinggi demi terwujudnya desa wisata yang berkelanjutan di Indonesia,” terang Ketua Asidewi, Andi Yuwono, S.Sos, M.Si.

PARIWISATA SEKTOR PENYELAMAT PEREKONOMIAN

Andi Yuwono selaku penulis buku menyampaikan bahwa buku yang ditulisnya ini merupakan salah satu buku yang menawarkan jalan keluar dalam pengembangan pariwisata dan pemberdayaan desa.

Andi mendorong agar pengembangan desa wisata bisa terus digalakkan di seluruh wilayah Indonesia. Sebab dengan mengangkat potensi lokal menjadi kawasan wisata akan mampu mewujudkan kemandirian ekonomi desa dan mempertahankan kultur budaya serta kearifan lokal suatu wilayah.

”Saat ini pariwisata adalah sektor yang bisa menyelamatkan perekonomian Indonesia, setelah sektor pertanian dan sumber daya alam lainnya. Pariwisata yg seperti apa? Kami meyakini satu paham pariwisata Community Based Tourism (CBT) atau berbasis komunitas masyarakat. Didalamnya kita banyak mengatakan wisata yang berkelanjutan yang didalamnya mengandung visi edukasi, konservasi dan empowerment,” pungkasnya. (*/had)