Wujudkan Kondusifitas, Polisi Jalankan Patroli di Kabupaten Malang

Patroli gabungan TNI-Polri di Jabung antisipasi kriminalitas. (ist)

BACAMALANG.COM – Untuk mewujudkan kondusifitas, Polsek 3 Kecamatan di Kabupaten Malang menjalankan Patroli, Sabtu (21/1/2023).

Salah satunya di Jabung yaitu Personil Polsek Jabung bersama Koramil Jabung melaksanakan patroli gabungan guna meningkatkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di Desa Sukolilo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang.

Kapolsek Jabung AKP Kusmindar mengatakan, patroli gabungan bertujuan mencegah dan menindak gangguan atau pelanggaran hukum serta memelihara/meningkatkan tertib hukum di Wilayah Kecamatan Jabung.

“Patroli gabungan juga merupakan bentuk sinergi yang dibangun oleh TNI-Polri di wilayah Jabung,” tandas AKP Kusmindar.

Dikatakannya, personel Polsek Jabung bersama Koramil Jabung aktif hadir melakukan pengamanan di wilayah Kecamatan Jabung. Patroli juga mengajak serta organisasi masyarakat dan kepemudaan guna menciptakan situasi yang kondusif.

Patroli dilakukan dengan cara berkeliling ke tempat-tempat keramaian seperti pasar, perbankan, maupun tempat sepi guna antisipasi tindakan kriminalitas. Personil berdialog dengan warga menyerap informasi maupun pengaduan terkait situasi kamtibmas di wilayahnya.

Dijelaskannya, waktu pelaksanaan patroli dilakukan secara acak. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir bertemunya niat dan kesempatan oleh pelaku kejahatan.

Kegiatan yang sama juga dilakukan unit Patroli Polsek Ampelgading, melakukan Blue Light Patrol di wilayah Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, Sabtu (21/01/23) dini hari.

Kapolsek Ampelgading AKP Budi Mulyono mengatakan, patroli dilakukan dengan cara mendatangi tempat-tempat yang dianggap berpotensi terjadi ancaman gangguan Kamtibmas oleh pelaku kejahatan.

“Tujuan personel Polri melaksanakan kegiatan Patroli Blue Light adalah untuk meminimalisir suatu kejahatan malam hari seperti perampasan atau pencurian,” tandas AKP Budi.

Ditambahkannya, Blue Light Patrol dilaksanakan oleh tiga atau lebih personel dengan mengendarai kendaraan dinas roda empat. Petugas kemudian berkeliling dengan menyalakan lampu rotator warna biru pada kendaraan dinas.

“Seperti malam malam tadi, personel melaksanakan pemantauan di titik titik rawan terjadinya gangguan Kamtibmas yang berada di wilayah Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang,” lanjutnya.

Sementara itu Unit Patroli Polsek Wajak, Polres Malang, melaksanakan kegiatan patroli di kawasan pemukiman penduduk di Desa Ngawonggo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang, Sabtu (21/01/2023) siang.

Kapolsek Tajinan AKP Supriyadi mengatakan, Patroli adalah salah satu kegiatan Kepolisian yang dilakukan oleh anggota Polri mencegah terjadinya gangguan kamtibmas, yang disebabkan oleh adanya potensi gangguan, ambang gangguan, dan gangguan nyata.

“Kita laksanakan patroli secara mobiling di kawasan pemukiman penduduk, kegiatan ini untuk antisipasi kriminalitas di kawasan permukiman,” terang AKP Supriyadi.

Kapolsek menambahkan, patroli dilaksanakan dengan cara mendatangi, menjelajahi, mengamati, mengawasi, memperhatikan situasi atau kondisi yang ada di wilayah. Petugas patroli harus jeli melihat situasi, terkait potensi gangguan Kamtibmas yang akan terjadi pada saat melakukan patroli.

“Kita gandeng warga untuk ikut mengaman sekitarnya, kita juga berdayakan pokdar kamtibmas untuk ikut membantu Kamtibmas setiap harinya,” pungkasnya.(*/had)