Wujudkan Suasana Kondusif, Polres Malang Patroli Wisata

Patroli wisata di Pantai Balekambang Bantur. (ist)

BACAMALANG.COM – Untuk mewujudkan suasana kondusif, Polres Malang mengadakan Patroli Wisata di beberapa destinasi wisata baru-baru ini.

Salah satunya dilakukan Kapolsek Poncokusumo AKP Sumarsono patroli bersinergi dengan pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) melaksanakan pengamanan bersama personil TNBTS guna mengurai apabila ada penumpukan yang berakibat kemacetan pada jalur wisata Bromo dengan memberikan imbauan untuk selalu memperhatikan keselamatan.

Diantaranya para pengunjung bisa memanfaatkan jasa Jeep yang ada. Selain itu juga menghimbau kepada para pengunjung yang menggunakan sepeda motor khususnya matic untuk dapatnya berganti atau menyewa sepeda motor manual yang sudah disiapkan oleh pihak TNBTS.

Petugas juga menitipkan pesan kamtibmas kepada para pengunjung untuk menjaga kamtibmas. Juga menjaga kebersihan area wisata untuk tidak membuang sampah sembarangan. Dan selalu menjaga ketertiban dengan tidak meminum minuman keras. Selalu melaporkan kepada pos keamanan apabila ada gangguan kamtibmas.

“Kita gandeng warga dan wisatawan untuk ikut peduli dengan lingkungan sekitarnya, dan kita tumbuhkan rasa peduli kepada lingkungan,” tegas Kapolsek.

Sementara itu, Polsek Bantur juga menjalankan Patroli ke Wisata Pantai Balekambang. Kapolsek Bantur AKP Slamet Subagyo, S.sos melaksanakan pengamanan tempat wisata Pantai Balekambang Desa Srigonco Kecamatan Bantur Kabupaten Malang belum lama ini. “Kita lakukan koordinasi dengan pengelola tempat wisata agar tercipta kamtibmas yang aman dan kondusif di kawasan wisata,” tutur AKP Slamet Subagyo.

Pengamanan dilakukan karena setiap hari libur pengunjung dari berbagai daerah ramai ke wisata Pantai Balekambang. “Kita pastikan bahwa pengunjung merasa nyaman dan tidak terjadi gangguan Kamtibmas,” urainya.

Kapolsek menegaskan bahwa pengamanan dilaksanakan setiap hari libur mengingat jumlah pengunjung biasanya ramai.

Masih soal patroli wisata, kegiatan serupa juga dilakukan Polsek Jabung Patroli Wisata Alam Air Terjun Coban Jahe dan Pemandian Kenongo. Kapolsek Jabung, AKP Kusmindar, S.H. menjelaskan bahwa pelaksanaan patroli dengan sasaran lokasi wisata alam air terjun Coban Jahe serta Taman Pemandian Kenongo adalah upaya mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban di wilayah hukum polsek Jabung.

“Sebagai upaya menjaga situasi keamanan dan ketertiban serta mengantisipasi terjadinya kriminalitas dan bencana alam di lokasi wisata yang terletak di kawasan hutan milik perhutani dan secara geografis memiliki kondisi alam pegunungan berbukit dan jauh dari pemukiman penduduk,” tegas Kapolsek.

Petugas patroli melakukan tugas pengamanan sekaligus memberikan himbauan kepada pengunjung wisata tentang penyesuaian harga BBM yang telah diberlakukan pemerintah serta himbauan tentang bahaya narkoba,” imbuhnya.

Kehadiran petugas patroli tersebut sebagai langkah pencegahan dan antisipasi kemungkinan timbulnya gangguan keamanan dan ketertiban serta kriminalitas baik itu berupa curas, curat, curanmor serta kemungkinan terjadinya bencana alam dan diharapkan dapat memberi rasa aman dan nyaman sekaligus imbauan kepada setiap pengunjung dan wisatawan yang datang untuk menikmati momen wisata.

“Kami telah berkoordinasi dengan pengelola wisata di wilayah Kecamatan Jabung untuk selalu mengutamakan keamanan dan keselamatan pengunjung serta ikut serta mengantisipasi kemungkinan terjadinya tindak kriminalitas yang dapat menimpa siapa saja dan dimana saja serta tetap mematuhi protokol kesehatan guna keamanan dan kebaikan bersama,” pungkasnya.(*/had)