Direkom WHO dan BPOM, Semua Jenis Vaksin Aman

ilustrasi. (ist)

BACAMALANG.COM – Usai mendapatkan rekomendasi WHO dan BPOM, Dinkes (Dinas Kesehatan) Jawa Timur menyatakan semua jenis vaksin aman dipakai.

“Kementerian Kesehatan memastikan semua jenis vaksin yang ada di Indonesia sama baiknya dan sudah mendapat rekomendasi WHO dan sudah melalui uji klinis serta mendapat EUA dari BPOM,” tegas Kepala Seksi Surveilans Imunisasi Dinas Kesehatan Prov Jatim, Gito Hartono SKM MMKes, di kantornya, Selasa (13/9/2021).

“Diharapkan masyarakat untuk tidak pilih-pilih vaksin. Ingat ya, semua vaksin memiliki efektivitas menurunkan potensi terinfeksi maupun keparahan hingga mencegah kematian,” jelasnya.

Dikatakannya, setiap vaksin tidak bisa dibandingkan satu sama lain, karena setiap jenis vaksin melalui tahapan studi dan testing yang berbeda-beda, setiap jenis vaksin memiliki efikasi yang berbeda-beda pula.

Ditambahkannya, vaksin yang terbaik adalah yang tersedia saat ini yakni sinovac, sinopharm, astrazeneca, pfizer dan moderna.

“Masyarakat diharapkan terlibat aktif dalam program vaksinasi dan menerapkan protokol kesehatan guna pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” pungkasnya.(*/had)