Bentuk Karakter Humanis, Siswa SDN Klepu 01 Sumbermanjingwetan Bagikan Takjil

Siswa SDN Klepu 01 Sumbermanjing wetan saat membagikan takjil

BACAMALANG.COM – Bulan suci Ramadan banyak ditemui orang atau kelompok yang membagikan makanan secara gratis baik di dalam masjid, musala, atau di jalan raya , Semua ini dilakukan tidak lain karena niat untuk berbagi di bulan yang suci ini.

Mokhamad Ali ,Kepala sekolah dasar negeri 01 Klepu Sumbermanjingwetan Kabupaten Malang menjelaskan pemberian takjil oleh siswanya dan para guru di sepanjang Jalan Raya Klepu mulai jam 16.00 sampai 17.00 untuk memberikan pendidikan karakter membiasakan anak untuk berbagi, membiasakan bersedekah, membentuk anak untuk membina kebersamaan.

” Ini bagian dari pendidikan karakter bagi anak didiknya agar kelak bisa berbagi dengan saudara sesama muslim ,” ujarnya .

Tujuan utamanya pun adalah demi membatalkan puasa yang telah dikerjakan selama seharian penuh. takjil bermakna mempercepat (dalam berbuka puasa) atau makanan untuk berbuka puasa. Di kalangan masyarakat sendiri, banyak ditemui menu takjil yang bisa berupa makanan berat nasi beserta lauk pauk ataupun makanan ringan yang berisi jajanan ringan dan minuman air kemasan.

Ali menambahkan , memberi buka puasa dapat memperoleh pahala layaknya orang yang berpuasa tersebut.

Seperti dalam sebuah hadis yang disampaikan dari “Zaid bin Khalid Al-Juhani berkata bahwa Nabi Muhammad bersabda, “Barangsiapa memberi buka puasa bagi orang puasa, maka ia mendapatkan seperti pahala orang yang berpuasa, tanpa mengurangi pahala orang yang puasa sedikitpun” (H.R. Tirmizi) .

Sebelum menikmati menu takjil yang sudah dibagikan tersebut, dianjurkan untuk berdoa terlebih dahulu ketika waktu berbuka sudah datang karen Nabi Muhammad pernah bersabda,”Ada 3 orang yang tidak ditolak doanya… (salah satunya) orang berpuasa saat berbuka.” (H.R. Ibnu Hibban).